Puasa di Negeri Rantau

Kisah Mahasiswa RI Puasa di Ceko: Buka dengan Porsi Besar Sekalian Sahur

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 23 Apr 2021 09:30 WIB
Puasa di ceko
Foto: Foto: Reza Syahputra/Kisah Mahasiswa RI Puasa di Ceko: Buka dengan Porsi Besar Sekalian Sahur
Jakarta -

Reza Syahputra yang biasa dipanggil Reza sedang melanjutkan studi doktor di Praha, Ceko. Tepatnya di Universitas Charles bidang Geologi.

"Saya memilih Ceko karena selaras dengan bidang penelitian yang saya jalani," ujar Reza. Hal tersebut membuat Reza harus menjalani Ramadhan 2021 di Praha.

"Ini merupakan tahun ke-3 saya menjalani Ramadhan di Republik Ceko. Jauh dari keluarga, ketika berpuasa terasa berat, rindu akan berkumpul bersama sambil menikmati berbagai macam nikmatnya masakan Indonesia," kata Reza kepada detikcom seperti ditulis Kamis (22/4/2021).

Menurut Reza, rasa rindu Tanah Air bisa terobati karena ada beberapa teman yang sudah dianggap seperti keluarga sendiri.

"Sebelum adanya pandemi ini, umat muslim di Republik Ceko terbiasa berbuka bersama di masjid (hanya ada satu masjid di pusat kota, ditambah 3 masjid lainnya yang berada di Praha)," ujar mahasiswa yang sedang melakukan penelitian lempeng tektonik pada masa lampau ini.

Reza juga bercerita biasanya di masjid mengonsumsi masakan Timur Tengah seperti nasi briani dengan porsi yang cukup besar. Semuanya dibagikan secara cuma-cuma.

"Setelah buka bersama, kelompok pengajian Praha dan KBRI terbiasa melakukan sholat tarawih bersama, biasanya dua minggu sekali," papar Reza.

Puasa di cekoPuasa di ceko Foto: Foto: Reza Syahputra

Menurut Reza momen tersebut adalah hal yang paling ditunggu-tunggu karena dapat mengobrol dan menyambung tali silaturahmi.

Reza juga bercerita kesulitannya berpuasa di Negeri Seribu Kastil yaitu sulitnya mencari toko halal.

"Menurut informasi warga Praha ada 6 toko halal di Praha. Saya rasa yang paling repot juga memikirkan masakan yang harus disiapkan untuk sahur dan berbuka," cerita Reza.

Akhirnya Reza mengakalinya dengan membeli makanan dengan porsi besar.

"Supaya tidak boros biasanya saya memasak. Namun, jika sedang malas untuk memasak saya membeli makanan halal sebelum berbuka puasa. Saya memilih makanan dengan porsi yang besar supaya sekaligus bisa dijadikan makanan untuk sahur juga," kata Reza.

Reza juga mengatakan bahwa dia terbiasa berbuka ditemani dengan ayam goreng dan teh manis. Hal tersebut dipilihnya karena merupakan menu praktis yang mengenyangkan.

Klik halaman selanjutnya

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia