Puasa di Negeri Rantau

Kisah Mahasiswa RI Puasa di Thailand: Kulineran di Surganya Makanan Halal

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 20 Apr 2021 16:20 WIB
Kisah Puasa Mahasiswa di Thailand
Foto: Dok Pribadi/Kisah Mahasiswa RI Puasa di Thailand: Kulineran di Surganya Makanan Halal
Jakarta -

Thailand merupakan salah satu surga kuliner di kawasan Asia Tenggara. Hal ini ternyata juga bisa dinikmati oleh umat Muslim kala berpuasa di bulan Ramadhan, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia bernama Arum Restu Widyasti.

Arum sehari-hari merupakan mahasiswa S2 jurusan Kimia di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand. Baginya, suasana Ramadhan tahun ini dan tahun lalu sangat berbeda dibanding biasanya.

Sebab, di masa pandemi COVID-19 ia harus ekstra menjaga kebersihan dan juga kesehatan. Terlebih, tinggal di negeri sebagai minoritas, ia harus memastikan kebaikan dan kehalalan makanan yang dikonsumsi.

Hal ini sesuai dalam firman Allah SWT dalam QS Al Baqarah ayat 168, "Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu."

"Pelaksanaan ibadah puasa semakin menantang seiring dengan keharusan menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari virus Sars-CoV-2 yang menyerang saluran pernapasan tersebut," kisah dia kepada detikcom.

Arum mengaku mencari makanan halal di negeri Gajah Putih memiliki tantangan tersendiri, bahkan diakui susah. Sebab, banyak makan halal dan non halal bercampur jadi satu sehingga diragukan kehalalannya.

"Thailand dengan lebih dari 90% penduduknya yang menganut Buddha lekat akan olahan babi sebagai menu makanan sehari-hari. Di negara ini pula, minuman keras tersedia secara bebas di toko 24 jam, warung makan, dan berbagai toko kelontong. Banyak jenis makanan yang dipertimbangkan halal, namun ternyata menjadi haram dalam proses pengolahannya. Rumor susah mencari makanan halal di Thailand memang bukan menjadi rahasia lagi," ungkapnya.


Lokasi surga makanan halal di Thailand. Klik selanjutnya>>>



Simak Video "Ngajarin Anak Puasa Lebih Mudah Daripada Ngajarin Matematika"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia