5 Fakta Unik Otter, Hewan Gemoy yang Hobi Bermain

5 Fakta Unik Otter, Hewan Gemoy yang Hobi Bermain

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Sabtu, 10 Des 2022 12:00 WIB
Otter
Foto: (iStock)
Jakarta -

Detikers tahu hewan otter? Binatang ini kerap disebut sebagai berang-berang, padahal keduanya jelas berbeda lho. Berang-berang atau beaver termasuk ke dalam hewan pengerat (Rodentia) dan berkerabat dengan tikus, sementara otter merupakan kerabat musang dan luwak atau Mustelidae.

Berang-berang memiliki fisik yang lebih besar daripada otter. Berat berang-berang dewasa bisa mencapai 60 pound, sementara otter hanya berkisar 15-25 pound, seperti dikutip dari Animal Corner pada Jumat (9/12/2022).

Selain itu, sifat dari kedua hewan ini juga berbeda. Berang-berang lebih aktif di malam hari, sedangkan otter banyak melakukan kegiatan di siang hari.

Jika berang-berang membuat sarang dari kayu, dahan pohon, dan lumpur untuk memastikan mereka memiliki tempat yang aman, lain halnya dengan otter.

Otter justru tidak membuat sarangnya sendiri. Mereka menggali tanah dan tinggal di dalamnya, atau bisa juga di bawah bebatuan.

Fakta Unik Hewan Otter

1. Bisa Membantu Manusia

Dikenal sebagai hewan yang lucu, ternyata otter bisa berkolaborasi dengan manusia lho detikers. Pada situs Mentalfloss disebutkan bahwa otter membantu para nelayan di India untuk menangkap ikan.

Otter-otter yang sudah dilatih nantinya akan mengejar banyak ikan dan menggiringnya ke dalam jaring nelayan.

2. Hobi Bermain

Otter memiliki hobi bermain. Saking aktifnya, saat waktu senggang mereka membangun seluncuran sendiri di tepi sungai dan bermain bersama, baik itu otter dewasa maupun anakan.

3. Berpegangan Tangan Ketika Tidur

Sejumlah otter berpegangan tangan ketika tidur. Biasanya otter laut atau sea otters, terutama induk dan bayinya tidur di air dengan mengambang, seperti tertulis pada laman Treehugger.

Berpegangan tangan menjaga otter agar tetap dekat satu sama lain. Terkadang, mereka juga tidur dengan membungkus rumput laut di sekitar tubuhnya, ini dimaksudkan untuk mencegah mereka mengapung jauh ke laut lepas.

4. Beberapa Spesies Tidak Memiliki Kuku

Beberapa spesies otter ternyata tidak memiliki kuku, khususnya yang banyak ditemukan di sungai. Biasanya, mereka disebut sebagai berang-berang cakar kecil Asia atau Asian small-clawed otter.

Otter jenis ini cenderung lebih gesit ketika mencari makan. Mereka menggunakan kaki depannya dengan lincah, bahkan ketangkasannya dalam mencari ikan hampir menyaingi manusia.

5. Kecepatan Renangnya Mencapai 7 Mil Per Jam

Fakta unik lainnya mengenai otter ialah hewan ini dapat berenang tiga kali lebih cepat dari rata-rata perenang manusia, yakni 7 mil per jam. Bahkan, mereka dapat menahan napas selama 3-4 menit.

Memiliki ekor yang kuat membuat otter menjadi perenang yang handal. Selaput di jari-jari kaki mereka membantunya untuk berenang.



Simak Video "Cegah Penyakit Menular dari Hewan, Pemerintah Terbitkan Aturan Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia