4 Fakta Unik Hiu Greenland yang Umurnya Bisa Lebih dari 500 Tahun

4 Fakta Unik Hiu Greenland yang Umurnya Bisa Lebih dari 500 Tahun

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 08 Des 2022 10:30 WIB
Hiu Greenland 400 tahun hewan bertulang belakang tertua
Foto: BBC Magazine/4 Fakta Unik Hiu Greenland yang Umurnya Bisa Lebih dari 500 Tahun
Jakarta -

Tahukah kamu, bagaimana para ilmuwan memperkirakan usia ikan hiu? Umur hewan laut tersebut biasanya dihitung berdasarkan pita pertumbuhan di tulang sirip atau tulang belakangnya. Mirip halnya dengan menghitung lingkaran tahun pada pohon.

Namun, tidak semua hiu memiliki tulang sirip maupun jaringan keras di tubuhnya. Hiu Greenland misalnya.

Ikan tersebut memiliki tulang belakang yang terlalu lunak untuk membentuk pita pertumbuhan seperti halnya hiu lain. Maka dari itu, para ilmuwan akhirnya menggunakan penanggalan karbon untuk memperkirakan usianya.

Hasilnya, hiu tersebut memperlihatkan potensi usia berabad-abad.

Fakta-fakta Hiu Greenland

1. Bisa Berusia Lebih dari 500 Tahun

Mata hiu Greenland memiliki protein yang sudah terbentuk sebelum lahir dan tidak menurun seiring pertambahan usia. Para ilmuwan menggunakan protein ini untuk penanggalan karbon, demikian dijelaskan dalam National Ocean Service US.

Sebuah studi pada hiu Greenland yang tak sengaja tersangkut jaring nelayan menunjukkan, usia hewan tersebut berkisar antara 272 dan 512 tahun. Penanggalan karbon memang hanya bisa memberikan perkiraan, tetapi hiu ini tetap saja vertebrata (hewan bertulang belakang) dengan umur terpanjang.

2. Memiliki Metabolisme Sangat Lambat

Salah satu faktor mengapa hiu Greenland dapat berusia sangat sepuh adalah karena metabolismenya yang sangat lambat. Hewan ini memiliki metabolisme sedemikian rupa untuk bisa beradaptasi di air yang dingin dan dalam.

Metabolisme yang lambat itu juga menjelaskan kenapa salah satu biota laut itu mengalami penuaan dan gerakan sangat pelan. Kecepatan berenangnya maksimal di bawah 2,9 kilometer per jam.

Disebabkan pertumbuhan yang amat lambat ini, hiu Greenland diperkirakan belum matang secara seksual sampai usianya lebih dari satu abad.

3. Tinggal di Perairan Dingin Sepanjang Tahun

Kapal National Oceanic and Atmospheric Administration Amerika Serikat pernah bertemu dengan hiu Greenland pada kedalaman 783 meter di New England. Namun, ikan itu juga diketahui menyelam pada kedalaman 2.200 meter.

Hiu Greenland adalah satu-satunya hiu yang bisa bertahan di perairan dingin Samudra Arktik sepanjang tahun.

4. Mandiri sejak Lahir

Hiu Greenland adalah makhluk ovovivipar, telur-telur anak mereka disimpan dalam tubuh sampai menetas. Ikan ini rata-rata menghasilkan keturunan 10 ekor.

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, jenis, jumlah, dan durasi pengasuhan anak hiu Greenland belum jelas diketahui. Namun, para ahli berspekulasi bahwa vertebrata tersebut sama seperti spesies hiu lainnya, bersifat mandiri sejak lahir.

Hiu Greenland merupakan salah satu ikan bertulang rawan terbesar. Makhluk ini bisa tumbuh sampai 7 meter dengan berat 1.025 kilogram saat sudah dewasa, tetapi sebagian besar punya panjang 2-4 meter.



Simak Video "Raisa Sempat Fobia Ikan Hiu Gegara Film"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia