3 Jenis Kucing Berdasarkan Pengelompokan Bulu, Yuk Simak!

3 Jenis Kucing Berdasarkan Pengelompokan Bulu, Yuk Simak!

Awalia Ramadhani - detikEdu
Jumat, 09 Des 2022 13:00 WIB
kucing persia
Foto: Getty Images/iStockphoto/pat138241/3 Jenis Kucing Berdasarkan Pengelompokan Bulu, Yuk Simak!
Jakarta -

Kucing adalah hewan yang tersebar di seluruh belahan dunia dan sudah diakui oleh Cat Fancier's Association (CFA) atau organisasi yang mengelola kucing sebagai suatu ras murni. Maksud dari ras murni sendiri yakni keturunan hasil perkawinannya sama dengan kedua induknya (jantan dan betina). Hal ini dikutip dari buku Membiakkan Kucing Hias oleh Muhammad A. Suwed.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa jenis kucing ada banyak sekali. Namun ada jenis kucing yang dikelompokkan berdasarkan bulunya, berikut uraiannya.

3 Jenis Kucing Berdasarkan Pengelompokan Bulu:

1. Short Hair

Seperti namanya, kucing jenis short hair ini memiliki bulu yang pendek. Contoh kucing jenis ini yaitu kucing loal atau domestik, yang banyak dipelihara atau yang berkeliaran di sekitar rumah.

Kucing jenis short hair ini, juga telah terbukti mampu tahan terhadap cuaca. Ia juga memiliki kombinasi warna yang beragam. Namun, kemurnian genre dari kucing ini belum mendapat pengakuan dari organisasi kucing seperti CFA tadi.

Jenis lainnya dari kucing ini adalah british short hair atau kucing lokal yang berasal dari Inggris, Russian blue, Burmese, abyssinian, American curl, Japanese bobtail, burmilla, bangal, Siamese,, korat, dan Havana.

2. Medium/Semi Long Hair

Jenis selanjutnya adalah jenis rambut medium/short hair yang lebih panjang bulunya dari jenis short hair, tetapi lebih pendek dari long hair. Kucing jenis ini memiliki bulu rangkap, yaitu bulu dalam dan bulu luar sehingga bulu kucingnya terlihat tebal.

Ciri khas dari kucing jenis ini yaitu hidungnya yang berwarna kontras dengan raut muka umumnya. Contoh kucing jenis ini di antaranya Ragdoll, Anggora, snowshoe, dan Norwegian forest cat.

3. Long Hair

Kemudian jenis kucing berdasarkan pengelompokan bulu adalah kucing long hair. Kucing ini istimewa karena bulunya panjang sehingga menambah kesan glamor dan elegan. Contoh kucing jenis ini adalah kucing Persia yang paling banyak diminati di Indonesia.

Ras dari kucing Persia ini disukai karena kemolekan dan keindahan bulunya, namun bentuk tubuhnya pendek dan bulat. Tekstur bulu kucing ini juga halus, lembut, dan mengembang.

Selain itu, populasi kucing Persia juga mendominasi, hal ini dilihat dari kontes kucing ras yang diselenggarakan oleh organisasi-organisasi kucing yang ada, dan tampak bahwa kucing Persia ini jumlahnya lebih banyak daripada jenis kucing lain. gelar best in show juga sering disematkan pada kucing Persia ini.

Demikanlah pembahasan mengenai jenis kucing berdasakan pengelompokan bulu yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat ya detikers!



Simak Video "Jualan Kucing Bengal Cuan Hingga Belasan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia