Kenapa Lidah Kucing Kasar? Ternyata Ini Alasannya

Kenapa Lidah Kucing Kasar? Ternyata Ini Alasannya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Minggu, 04 Des 2022 18:00 WIB
Ilustrasi Kucing Oranye
Foto: iStockphoto/ilustrasi kucing
Jakarta -

Detikers punya hewan peliharaan kucing di rumah? Jika diperhatikan lebih dekat, pemilik kucing akan menyadari bahwa binatang kesayangannya itu memiliki lidah yang kasar.

Ketika kucing menjilat tubuhnya, akan terdengar suara unik karena gesekan antara lidah dan bulunya. Kebanyakan orang akan mengatakan fungsi dari lidah yang kasar itu untuk membantu kucing mengangkat kotoran yang ada di bulu-bulunya.

Lantas kenapa kucing punya lidah yang kasar? simak alasannya di bawah ini.

Membantu Kucing untuk Minum

Pada situs Science Focus dikatakan bahwa duri-duri yang ada pada lidah kucing disebut sebagai papila filiformis. Terletak di bagian lidah kucing, duri tersebut menghadap ke belakang.

Selain untuk menyisir bulu mereka, lidah kucing yang kasar ini berfungsi untuk membantunya ketika minum. Mengutip dari Wonderopolis, lidah kucing akan melengkung seperti sekop ketika mereka minum.

Jika dilihat, kucing tidak memasukkan seluruh mulutnya ke dalam air, melainkan mengangkat lidahnya ke atas dan ke bawah dengan cepat.

Papila pada lidah mereka menarik air ke atas yang kemudian menuju tenggorokan kucing. Kemampuan kucing ini terjadi begitu cepat, mereka dapat menjulurkan lidahnya ketika minum sebanyak empat kali per detik.

Oleh karenanya, proses ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun, para ilmuwan menggunakan fotografi berkecepatan tinggi untuk menguraikan apa yang sebenarnya terjadi ketika kucing minum dengan lidahnya.

Sebagai Penahan Mangsa Kucing

Papila pada lidah kucing juga berguna ketika mereka berburu dan makan. Walaupun rahang kucing kuat, duri-duri di lidah kucing membantunya untuk menahan mangsa dengan erat.

Selain itu, lidah kucing yang kasar membuat makanan sisa atau yang terbuang dapat terangkat dengan mudah ke dalam mulut kucing.

Lidah Kucing yang Kasar Punya Kelemahan

Meski banyak membantu, nyatanya duri-duri pada lidah kucing ini juga memiliki kelemahan dalam hal perawatan. Bagaimana tidak? Papila membuat bulu-bulu kucing terjebak ketika mereka menjilatinya.

Akibatnya, bulu tersebut tertelan dan membuatnya memuntahkan bola bulu yang menumpuk di perutnya. Meski begitu, papila memiliki peranan penting dalam kehidupan kucing.



Simak Video "Jualan Kucing Bengal Cuan Hingga Belasan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia