Hobi Tidur, Apakah Kucing Juga Bermimpi?

Hobi Tidur, Apakah Kucing Juga Bermimpi?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Jumat, 09 Des 2022 11:00 WIB
Seorang fotografer Jepang bernama Masayuki Oki, mengabadikan setiap kucing di jalanan Tokyo dan hasilnya cukup membuat yang melihatnya senyum-senyum sendiri.
Kucing sedang tidur (Foto: (Bored Panda))
Jakarta -

Bagi detikers yang memelihara kucing, pasti sering memperhatikan hewan gemas ini banyak menghabiskan waktunya dengan tidur.

Bukan hal aneh apabila pemilik kucing melihat hewan peliharaannya terlelap ketimbang bangun dan bermain. Meski hobi tidur, apakah kucing mengalami mimpi seperti manusia saat terlelap?

Pertanyaan tersebut tentu sering terlintas bagi sebagian pecinta kucing. Sebab, ketika mereka terlelap tak jarang kucing menggerakkan tangannya kaki, bola mata, hingga kumisnya secara spontan seperti sedang mengigau.

Apakah Kucing Bermimpi?

Mengutip dari Sleep Advisor, kucing mengalami mimpi layaknya manusia. Selama tertidur, kucing berusaha memulihkan energinya untuk bersiap memburu mangsa. Namun, lain halnya dengan kucing peliharaan yang tidak perlu memburu mangsa dan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur.

Bagi kucing, tidur menjadi hal yang penting untuk bertahan hidup dan menjaganya agar tetap sehat. Lantas, apa yang diimpikan oleh kucing dalam tidurnya?

Kucing Mimpikan Ini Ketika Terlelap

Sebagai hewan yang sangat terorganisir, otak kucing diibaratkan seperti kantor pos. Ketika kita mengunjungi kantor pos di malam hari, tentu tempat tersebut tutup. Namun, para pekerja bersiap mengatur surat-surat di kantor dan memastikan bahwa surat tersebut dikirimkan tepat waktu.

Nah, hal yang sama terjadi pada kucing ketika mereka bermimpi. Jadi, saat kucing tidur mereka mengingat hari itu dan mengaturnya dengan sempurna.

Mengenai mimpi buruk, bisa saja kucing mengalaminya. Ketika hari mereka buruk, tentu mimpi mereka juga bisa buruk. Mimpi kucing didasarkan pada kejadian yang mereka alami.

Arti Gerakan Spontan Kucing Saat Tertidur

Apabila kucing detikers menciptakan gerakan aneh yang spontan ketika tidur itu artinya ketika siklus Rapid Eye Movement (REM), otak mereka mengirimkan sinyal seakan-akan mereka sedang terbangun.

Nah, gerakan-gerakan tersebut berhubungan dengan apa yang sedang mereka mimpikan. Perlu diingat, membangunkan kucing ketika mereka menciptakan gerakan spontan bukan hal yang baik, sebab mereka akan refleks melindungi diri dengan menggunakan insting seperti mencakar atau menggigit.



Simak Video "Jualan Kucing Bengal Cuan Hingga Belasan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia