Kucing dan Anjing Pandai Mengingat Sesuatu, tapi..

Kucing dan Anjing Pandai Mengingat Sesuatu, tapi..

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 29 Nov 2022 18:00 WIB
Viral seekor kucing mati dilempar batu. Diketahui, seorang pria tega menghabisi nyawa hewan tersebut dengan melemparinya menggunakan sebuah batu.
Foto: Larastining Retno Wulandari/detikcom/ Ilustrasi Kucing dan Anjing Pandai Mengingat Sesuatu, tapi..
Jakarta -

Kucing dan anjing mampu mengingat lokasi tempat makan mereka atau bahkan menemukan jalan pulang ke rumah. Kedua hewan yang kerap disebut anabul (anak bulu) ini mampu mengingat berbagai hal. Seberapa baik mereka bisa mengingat?

Berdasarkan pendapat para ahli, secara evolusioner kucing dan anjing pandai mengingat sesuatu, tetapi bergantung pada seberapa berguna ingatan tersebut bagi mereka.

Menurut pakar Ilmu Hewan dan Padang Rumput dari Oregon State University, Monique Udell, contohnya adalah memori yang membantu anjing liar dalam mengais makanan sehingga membantu mereka bertahan di jalanan.

"Jika seseorang berjalan kemudian membuang hamburger, anjing bisa mengingat bahwa di sana ada hamburger dan mereka bisa mencarinya di tempat terakhir kali dilihatnya," kata Udell, dikutip dari Live Science.

Anjing Punya Memori Jangka Panjang dan Pendek

Terkait memori jangka pendek, anjing bisa memiliki memori yang sangat bagus ketika melibatkan soal makanan. Sementara, anjing menggunakan memori jangka panjangnya untuk mengingat trik-trik seperti berguling-guling sesuai perintah.

Ada kemungkinan, anjing yang menjalin ikatan dengan manusia dengan cara merespons ucapan dari waktu ke waktu akan mendapatkan manfaat untuk memori mereka dan mewariskan kepada keturunannya melalui gen.

Selain itu, anjing juga diduga mempunyai ingatan episodik. Ingatan semacam ini sifatnya jangka panjang, tetapi lebih kompleks karena melibatkan kesadaran diri. Memori semacam ini, menurut Udell, mencakup 'apa, 'kapan', dan 'di mana'.

"Anjing bisa mengingat sesuatu dalam waktu yang lama," kata Udell.

"Namun, apa yang mereka ingat dan seberapa lama bisa diingat, sangat bergantung pada konteksnya," tambahnya.

Sebagai contoh, jika pemiliknya pergi untuk wajib militer, anjing tetap bisa mengingat mereka beberapa tahun kemudian. Ini artinya anjing menganggap hubungan mereka penting.

Udell menegaskan, memori anjing berkaitan dengan konteks dan signifikansi hal yang sedang dibahas.

Kucing Pandai Mengingat Detail

Seperti halnya dengan anjing, kucing juga pandai dalam mengingat hal detail. Sebagai contoh, menurut konsultan kucing, Mikel Delgado, hewan berbulu tersebut memiliki ingatan yang bagus dalam berburu.

Pada sebuah studi yang diunggah dalam jurnal Behavioural Processes pada Januari lalu, ditunjukkan bahwa kucing mempunyai memori jangka pendek yang berkaitan dengan 'apa' dan 'di mana'. Setidaknya hal ini jika ada hubungannya dengan makanan.

Pada sebuah penelitian tahun 2008 di jurnal Applied Animal Behaviour Science, juga diperlihatkan bahwa kucing memiliki ingatan spasial yang baik. Meski begitu, kemampuan mengingat mereka pun berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Sementara, jika tidak ada sangkut pautnya dengan makanan, memori kucing bisa sangat pendek. Hal ini ditunjukkan melalui sebuah riset tahun 2006 di jurnal Animal Cognition.



Simak Video "Mengenal Sejarah Hari Kucing Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia