Contoh-contoh Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara di Segala Bidang

Contoh-contoh Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara di Segala Bidang

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 06 Des 2022 14:00 WIB
Ilustrasi Memahami Urutan dan Arti 5 Lambang Pancasila, Jangan Sampai Tertukar
Foto: Getty Images/iStockphoto/Niko Mufrida/Contoh-contoh Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara di Segala Bidang
Jakarta -

Pancasila sebagai dasar negara artinya adalah, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi dasar atau pedoman untuk kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Arti penting Pancasila sebagai dasar negara menurut Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Sri Untari dan Ginawan Rianto ada lima.

Pertama, Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum. Kedua, Pancasila adalah sumber norma tertinggi.

Ketiga, Pancasila merupakan perjanjian luhur bangsa Indonesia. Keempat, Pancasila adalah falsafah negara. Terakhir, Pancasila merupakan sumber cita-cita dan tujuan negara.

Contoh-contoh Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara

Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa haruslah diwujudkan ke dalam berbagai bidang kehidupan. Hal ini meliputi bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan-keamanan.

Seperti ini contoh-contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, dikutip dari Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan oleh Tim Ganesha Operation:

1. Bidang Politik

Salah satu perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang politik adalah melalui pemilihan umum (pemilu). Terselenggaranya pemilu harus demokratis dan sesuai dengan nilai sila ke-4.

Langkah untuk menghadirkan pemilu yang demokratis sesuai sila ke-4 adalah:

  • Memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pelajar
  • Menyediakan waktu kepada calon pejabat publik untuk berkampanye. Namun, pelaksanaannya harus sesuai dengan perundang-undangan.
  • Melaksanakan pemilu sesuai asas yang berlaku di Indonesia, yaitu langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber) serta jujur dan adil (jurdil).

2. Bidang Ekonomi

Penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang ekonomi dapat dilihat melalui penerapan sistem ekonomi Pancasila. Pada UUD 1945, ada beberapa ketentuan yang memuat pelaksanaan perekonomian di Indonesia, utamanya di batang tubuh UUD 1945 pasal 33.

3. Bidang Sosial-Budaya

Contoh penerapan nilai- nilai Pancasila dalam bidang sosial dan budaya adalah kegiatan gotong royong dan musyawarah. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya adalah:

  • Melibatkan semua anggota masyarakat dalam kegiatan kemasyarakatan, misalnya kerja bakti
  • Mempererat rasa kekeluargaan, contohnya dengan ronda malam
  • Mengajarkan generasi muda supaya terbiasa bergotong royong dan bermusyawarah.

4. Bidang Pertahanan-Keamanan

Contoh nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam bidang pertahanan dan keamanan bisa dilihat salah satunya melalui penjabaran nilai instrumental Pancasila. Penjabaran ini bisa dilihat dari beberapa pasal berikut ini:

  • UUD 1945 pasal 27 ayat 3 yang menjelaskan bahwa, "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara."
  • UUD 1945 pasal 30 ayat 1 yang menegaskan, "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara."
  • UUD 1945 pasal 30 ayat 2 yang menyebut bahwa, "Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung."
  • UUD 1945 pasal 30 ayat 3 yang menerangkan, "Tentara Nasional Indonesia terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara sebagai alat negara yang bertugas mempertahankan, melindungi, serta memelihara keutuhan dan kedaulatan negara."
  • UUD 1945 pasal 30 ayat 4 yang menegaskan, "Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum."
  • UUD 1945 pasal 30 ayat 5 yang menyebutkan bahwa, "Susunan dan kedudukan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, hubungan dan kewenangan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia di dalam menjalankan tugasnya, syarat-syarat keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan dan keamanan diatur dengan undang-undang."

Demikian contoh-contoh nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Selamat belajar!



Simak Video "Riuh Klakson Saat Penutupan Jalan di Depan Monumen Pancasila Sakti"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia