Mengenal Bagian-bagian Jantung Beserta Fungsinya

Mengenal Bagian-bagian Jantung Beserta Fungsinya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Jumat, 02 Des 2022 10:22 WIB
Jantung manusia
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Jantung menjadi organ yang paling vital bagi manusia. Sebab, jantung berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Tanpa jantung, tentu tubuh tidak dapat bekerja. Letak organ ini berada di antara paru-paru dan sedikit ke kiri pada tulang dada.

Sebagai organ penting, jantung terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing. Melansir dari Sumber Belajar Kemendibudristek, berikut bagian-bagian jantung.

Bagian-bagian Organ Jantung

1. Aorta

Yang pertama ialah aorta atau arteri terbesar pada tubuh manusia. Posisi aorta berada di bagian atas organ jantung, fungsinya sendiri untuk membawa darah yang mengandung zat oksigen dari bagian ventrikel kiri sampai ke seluruh tubuh manusia.

2. Vena Kava Superior

Bagian selanjutnya dari organ jantung adalah vena kava superior atau biasa disebut vena kava. Vena berukuran besar ini terletak di bagian atas jantung. Fungsinya sendiri untuk membawa kembali aliran darah yang mengandung karbon dioksida yang asalnya dari seluruh tubuh di bagian atas menuju ke jantung.

3. Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis bertugas untuk mengangkut darah yang asalnya dari jantung untuk menuju ke paru-paru. Fungsi dari bagian ini adalah mengganti kandungan karbon dioksida dengan uap air dalam darah menjadi oksigen.

4. Katup Aorta

Ventrikel kiri dan aorta dipisahkan oleh katup yang disebut dengan katup aorta. Perubahan tekanan darah di kedua sisi katup itu bisa menyebabkan katup terbuka dan tertutup. Fungsi dari katup aorta sendiri untuk menjaga darah mengalir sesuai arahnya.

5. Atrium (Serambi)

Atrium merupakan bentuk jamak atria yang artinya sama dengan serambi. Terdapat dua atrium, yaitu atrium kiri atau serambi kiri dan atrium kanan atau serambi kanan. Atrium berada di dua ruangan teratas pada empat ruang utama organ jantung.

Atrium kiri berfungsi untuk menerima darah yang berasal dari paru-paru dan mengandung oksigen kemudian membawanya pada ventrikel kiri. Sementara itu, fungsi atrium kanan ialah menerima darah yang berasal dari seluruh tubuh serta mengandung karbon dioksida dan membawanya ke ventrikel kanan.

6. Vena Pulmonalis

Bagian lainnya adalah vena pulmonalis. Vena jenis ini membawa aliran darah yang mengandung oksigen dari paru-paru menuju ke jantung di bagian atrium kiri.

Fungsi dari vena pulmonalis ialah membawa darah yang mengandung oksigen kembali lagi ke jantung, selanjutnya darah akan diedarkan ke seluruh tubuh manusia.

7. Katup Trikuspidalis

Katup trikuspidalis atau katup tricuspid terdiri atas tiga daun katup. Nah, katup ini bisa terbuka dan menutup kembali. Fungsinya sendiri untuk memisahkan atrium kanan dengan ventrikel kanan guna membantu mengalirkan darah yang mengandung sedikit oksigen dari atrium kanan menuju ke ventrikel kanan.

8. Katup Mitral

Katup mitral merupakan katup yang memisahkan atrium kiri dengan ventrikel kiri. Organ ini bisa terbuka ketika darah mengandung banyak oksigen pada atrium kiri dan akan mengalir menuju ventrikel kiri.

Fungsi dari katup mitral untuk mencegah darah yang telah ada di ventrikel kiri kembali pada atrium kiri.

9. Ventrikel (Bilik)

Ventrikel merupakan dua ruang kosong dari keempat urangan pada bagian organ jantung. Biasanya, ventrikel disebut sebagai bilik.

Terdapat dua jenis bilik, yaitu bilik kiri dan bilik kanan. Bilik berfungsi menerima darah dari serambi lalu akan dibawa keluar dari organ jantung.

Bilik kiri berfungsi menerima darah dari serambi kiri serta membawanya menuju ke seluruh tubuh. Sementara itu, bilik kanan akan menerima darah dari serambi kanan dan membawanya menuju ke paru-paru.

10. Vena Kava Inferior

Vena kava inferior berfungsi membawa darah yang berasal dari tubuh bagian bawah menuju ke atrium bagian kanan jantung.

11. Katup Atrioventrikular

Katup atrioventrikular merupakan katup yang posisinya berada di antara bilik dan serambi. Katup ini berfungsi membuat darah hanya bisa mengalir dari serambi menuju bilik.

12. Dinding Jantung

Dinding jantung menjadi bagian terluar untuk melapisi jantung dan terdiri atas tiga lapisan, yaitu endokardium (terdalam), miokardium (bagian tengah), dan epikardium (bagian terluar). Bagian ini berfungsi membuat jantung berdetak dan mencegah agar jantung tidak bocor.

tag
organ
tubuh manusia
jantung
bagian jantung
serambi
bilik
biologi



Simak Video "Kominfo Blokir Situs dan Grup Medsos Jual Beli Organ di Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia