8 Dinosaurus Berukuran Raksasa, Ada yang Capai 40 Meter

8 Dinosaurus Berukuran Raksasa, Ada yang Capai 40 Meter

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 01 Des 2022 19:20 WIB
Dinosaurus Australotitan cooperensis
Foto: Queensland Museum/Ilustrasi 8 Dinosaurus Berukuran Raksasa, Ada yang Capai 40 Meter
Jakarta -

Pada zaman sekarang, hewan-hewan seperti gajah, paus biru, badak, atau kuda nil dinilai memiliki ukuran besar. Namun, jika dibandingkan dengan sebagian dinosaurus, binatang-binatang ini sebetulnya masih bisa kalah dalam segi ukuran.

Banyak dinosaurus dari era Mesozoikum, sekitar 252 sampai 66 juta tahun lalu, memiliki bobot dan panjang yang lebih masif.

Dinosarurus terbesar pada masa itu adalah sauropoda, kumpulan spesies herbivora berkaki empat dengan leher dan ekor yang panjang. Di dalam kelompok spesies ini adalaH subkelompok sauropoda yang disebut Titanosauria. Mereka adalah sauropoda terbesar.

Titanosaurus sendiri hidup pada zaman Kapur Bumi, kira-kira 145 juta sampai 66 juta tahun lalu. Berikut ini beberapa titanosaurus, si dinosaurus-dinosaurus raksasa, dengan berbagai ukuran.

8 Dinosaurus Berukuran Raksasa

1. Dreadnoughtus

Salah satu dinosaurus berukuran super raksasa adalah Dreadnoughtus. Makhluk ini memiliki panjang sekitar 26 meter dan berat kira-kira 65 ton.

Fosil Dreadnoughtus ditemukan pada endapan Patagonia selatan, Argentina. Hewan ini diperkirakan berasal dari 77 juta tahun lalu.

2. Patagotitan mayorum

Disebabkan ukurannya yang begitu besar, Patagotitan mayorum pada awal-awal penemuannya hanya dikenal sebagai Titanosaurus.

Panjang dinosaurus tersebut diperkirakan 37,2 meter dan beratnya 77 ton. Meski begitu, dikutip dari Encyclopaedia Britannica, sejumlah peneliti juga percaya perkiraan ini terlalu tinggi.

Patagotitan mayorum ditaksir hidup pada 100 juta sampai 95 juta tahun lalu.

3. Argentinosaurus

Bukti awal mengenai Argentinosaurus ditemukan pada 1987 di sebuah peternakan di Argentina. Walaupun tidak ada kerangka lengkapnya yang ditemukan, panjang Argentinosaurus diperkirakan punya panjang sekitar 37 sampai 40 meter dan beratnya 99 sampai 110 ton.

4. Saltasaurus

Saltasaurus diberi nama berdasarkan nama Kota Salta di bagian utara Argentina. Tempat tersebut adalah area di mana fosil Saltasaurus ditemukan.

Dinosaurus ini dinilai tak terlalu besar. Beratnya sekitar 7,7 ton dan panjangnya 12,2 sampai 12,8 meter.

5. Rapetosaurus krausei

Fosil seekor Rapetosaurus krausei ditemukan para peneliti di lereng bukit di Madagaskar utara tahun 1998. Kerangka remaja hewan ini panjangnya 8 meter.

Meski tidak ditemukan kerangka dewasa, para ahli memperkirakan Rapetosaurus krausei dewasa memiliki panjang 15 meter.

6. Austroposeidon magnificus

Pada 1953, bagian dari tulang belakang parsial dan tulang rusuk Austroposeidon magnificus didapatkan dari pinggiran Kota Sao Paulo. Namun, fosil-fosil ini tersimpan di museum selama lebih dari 60 tahun sebelum peneliti di sana memiliki sumber daya untuk mempelajarinya.

Fosil-fosil tersebut menunjukkan Austroposeidon magnificus dewasa mempunyai panjang 25 meter. Mereka hidup antara 84 juta dan 66 juta tahun lalu.

7. Paralititan stromeri

Fosil Paralititan stromeri didapatkan dari penggalian di 300 kilometer dari selatan Kairo, Mesir. Informasi soal dinosaurus ini pertama kali diungkap pada 2001.

Perkiraan panjang dan bobot dinosaurus ini bervariasi antara 25 sampai 30,5 meter dan 66 hingga 83 ton. Makhluk ini dahulunya hidup di rawa bakau pada pertengahan zaman Kapur sekitar 94 juta tahun lalu.

8. Shingopana songwensis

Shingopana songwensis diduga hidup pada 100 juta sampai 70 juta tahun lalu. Dinosaurus ini sesungguhnya berukuran relatif kecil ketimbang dinosaurus raksasa lainnya.

Shingopana Songwensis memiliki panjang sekitar 8 meter dan bobot 5,5 ton.



Simak Video "Kerangka Dinosaurus Kecil Dijual, Tingginya 1,3 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia