Kenapa Kepala Ayam Terlihat Maju Mundur Saat Berjalan? Ini Alasannya

Kenapa Kepala Ayam Terlihat Maju Mundur Saat Berjalan? Ini Alasannya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 01 Des 2022 18:00 WIB
Puasa tidak hanya dilakukan oleh umat manusia saja, tapi ada beberapa hewan yang juga mampu bertahan hidup tanpa makanan dan minuman dalam jangka waktu lama.
Ilustrasi ayam (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Pernahkah detikers memperhatikan kepala ayam yang terlihat bergerak maju mundur saat mereka berjalan? Ternyata, ada alasan di balik cara jalan ayam yang unik ini lho detikers.

Ayam menggoyangkan kepalanya ketika berjalan untuk menjaga kesimbangan dan mempertahankan kepekaan terhadap lingkungan mereka. Bukan hanya ayam, bahkan burung-burung lain seperti merpati juga berjalan dengan menggerakkan kepalanya.

Gerakkan Kepala Ayam Berhubungan dengan Pengelihatannya

Dikutip dari situs Wired, gerakan tersebut menjadi fitur unik yang dimiliki oleh beberapa jenis burung. Ini membantu ayam untuk membuat pandangan mereka lebih stabil ke berbagai objek.

Selain itu, gerakan kepala yang kelihatannya maju mundur juga berguna untuk fotoreseptor, bagian pada mata ayam yang berfungsi untuk menangkap atau menerima stimulasi cahaya.

Nantinya, gerakan tersebut memberi waktu bagi fotoreseptor untuk membangun pandangan yang lebih jelas terhadap objek-objeknya. Penglihatan ayam tidak seperti manusia.

Jika manusia menggerakkan bola matanya untuk melihat objek di sekitar, lain halnya dengan ayam yang menggerakkan kepalanya untuk melakukan hal serupa.

Bola Mata Ayam Tidak Dapat Bergerak

Bola mata ayam dan beberapa jenis unggas lainnya tidak dapat digerakkan. Oleh sebab itu, mereka mengandalkan gerakan kepala untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas.

Namun, lain halnya apabila ayam atau burung merpati ditaruh di atas alat olahraga treadmill yang bergerak, kepala mereka tidak akan bergoyang. Hal tersebut dikarenakan objek di sekitarnya menjadi ikut bergerak, ini didasarkan pada sebuah penelitian di tahun 1970.

Kepala Ayam Ternyata Hanya Bergerak ke Depan

Sebenarnya, kepala ayam dan beberapa jenis unggas lainnya tidak bergerak maju mundur. Melainkan hanya kepalanya yang bergerak ke depan.

Sementara itu, tubuh mereka akan mengejar kepalanya yang bergerak ke depan. Gerakan tersebut dilakukan secara berulang kali, sehingga terlihat seperti gerakan maju mundur.



Simak Video "Cobain Sate Gerobakan Terlaris Era 90-an di Punawarman Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia