Ngeri! 5 Hewan Ini Bisa Memakan Anaknya Sendiri

Ngeri! 5 Hewan Ini Bisa Memakan Anaknya Sendiri

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 01 Des 2022 06:40 WIB
Ibu kota beruang kutub di Churchill, Kanada
Foto: CNN/beruang kutub
Jakarta -

Kanibalisme menjadi salah satu tindakan yang mengerikan. Terlebih jika kanibalisme dilakukan dengan memakan anak atau keturunan sendiri. Seperti halnya yang dilakukan oleh beberapa hewan.

Mengutip Live Science, Ahli zoologi telah mengamati kanibalisme anak, tindakan memakan keturunan pada berbagai jenis hewan.

Para ilmuwan kesulitan menjelaskan bagaimana perilaku hewan yang tampaknya berlawanan tetapi tetap bisa hidup berdampingan dalam spesies yang sama.

Mereka menduga ada alasan manfaat evolusioner dari praktik kanibal pada beberapa hewan tersebut. Keadaan yang mengarah pada perilaku kanibal juga dapat bervariasi dan seringkali dipengaruhi secara unik oleh kondisi lingkungan.

"Jika itu tidak memberi manfaat, Anda tidak akan mengharapkannya berevolusi," kata Hope Klug, seorang mahasiswa pascasarjana zoologi di University of Florida.

Adapun beberapa hewan yang bisa melakukan kanibal terhadap anaknya, berikut ini daftarnya dikutip dari laman A-Z Animals.

5 Hewan yang Bisa Memakan Anaknya Sendiri:


1. Beruang Kutub - Kanibalisme Akibat Perubahan Iklim

Perubahan iklim menghancurkan lingkungan Arktik dan mendorong beruang kutub dan spesies lainnya untuk putus asa dalam bertahan hidup.

Kanibalisme bisa terjadi pada beruang jantan yang lebih besar dan lebih agresif. Mereka menargetkan betina yang lebih kecil dan anaknya yang rentan.

Seorang fotografer dari National Geographic pernah menangkap cuplikan dari sebuah beruang kutub dewasa membunuh dan melahap beruang yang lebih muda.

2. Ayam - Kanibalisme untuk Kalsium

Dalam banyak kasus, telur dari ayam peliharaan pecah begitu saja karena kandang terlalu padat dan kemudian ayam tanpa sengaja memakannya tanpa menyadari.

Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan ayam mengembangkan selera terhadap telur dan bahkan membaginya dengan orang lain. Tetapi sebagian besar kasus, ayam bisa memakan anaknya ketika mereka menderita kekurangan kalsium.

3. Singa - Kanibalisme untuk Dominasi Sosial

Pejantan singa tak jarang mengusir anaknya dari kawanan pada usia tertentu agar mereka tidak menjadi pesaing. Hal ini membuat singa muda keliling mencari kebanggaan yang mapan untuk diklaim sebagai milik mereka.

Dalam banyak kasus, singa yang memiliki harga diri baru akan membunuh anaknya baik untuk menghilangkan persaingan maupun untuk mengembalikan betina.

4. Simpanse - Kanibalisme Didorong Persaingan

Simpanse adalah salah satu hewan paling cerdas di planet ini. Tetapi mereka juga memiliki kecenderungan untuk memakan anak mereka. Perilaku ini secara umum terjadi karena adanya konflik antar kelompok simpanse.

Didorong untuk bersaing keras untuk menguasai makanan, mereka akan membunuh anak-anak dari suku lawan, berbagi daging, dan kemudian mundur ke pohon untuk memakannya.

Simpanse jantan kerap terlihat mencuri bayi yang baru lahir dari pelukan ibu mereka dan membunuh serta memakannya. Para ilmuwan percaya bahwa hal itu agar mereka dapat meningkatkan jumlah peluang berkembang biak.

5. Blenny Fish - Kanibalisme Didorong oleh Ketidaksabaran

Induk ikan ini akan bertelur dalam jumlah besar dan meninggalkan pasangan jantannya untuk melindungi telur sendirian sampai menetas.

Tetapi ketika jumlah telurnya tidak cukup banyak, blenny jantan terkadang akan bosan dan menyebabkan hewan ini memakan telur keturunannya.

Nah, itulah sederet hewan yang bisa memakan anaknya sendiri. Semoga menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Ratusan Hewan Liar di Kenya Terancam Punah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia