Kenapa Bola Sepak Identik dengan Warna Hitam Putih? Begini Penjelasannya

Kenapa Bola Sepak Identik dengan Warna Hitam Putih? Begini Penjelasannya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Selasa, 29 Nov 2022 17:30 WIB
Ilustrasi Bola, Ilustrasi sepak pojok
Bola sepak (Foto: iStock/mikkelwilliam)
Jakarta -

Sepakbola merupakan olahraga paling populer di muka bumi. Penggemar olahraga yang satu ini diperkirakan mencapai 4 miliar orang di seluruh dunia lho.

Kemunculan sepakbola modern bermula di Inggris, tepatnya pada abad ke-19. Sementara itu, permainan sepakbola telah ada sejak dua ribu tahun yang lalu di Cina.

Tidak seperti olahraga lain yang memerlukan peralatan mahal, sepak bola hanya membutuhkan sebuah bola. Setelahnya, pemain hanya tinggal mengolah keterampilan kaki mereka dalam menendang dan mengoper bola.

Nah, ketika melihat bola sepak pernahkah detikers berpikir kenapa benda yang satu itu identik dengan warna hitam putih? Walau tidak semua bola sepak, namun kebanyakan dari benda bulat itu memiliki kombinasi warna hitam dan putih.

Alasan Bola Sepak Berwarna Hitam dan Putih

Merangkum dari situs Soccer Blade, alasan di balik warna hitam putih pada bola disebabkan oleh pertandingan sepakbola yang disiarkan di televisi. Pemilihan warna hitam dan putih memudahkan bola lebih terlihat di televisi.

Faktanya, pertandingan Final Piala FA antara Huddersfield dan Preston North End tahun 1938 menjadi pertandingan sepakbola pertama yang disiarkan di televisi.

Seperti yang diketahui, dahulu warna yang ditampilkan oleh televisi hanya hitam dan putih. Tidak seperti sekarang yang memiliki banyak warna.

Nah, bola sepak sebelumnya berwarna tunggal. Kondisi ini membuat penonton televisi sulit untuk melihat posisi bola yang dimainkan.

Saat menonton pertandingan sepakbola di televisi menjadi populer dipikirkan cara bagaimana agar penonton bisa lebih menikmatinya.

Akhirnya diputuskan hitam dan putih menjadi warna yang ideal untuk bola sepak yang ditampilkan di televisi. Ini memudahkan penonton televisi untuk melihat bola saat bergerak di lapangan.

Ide perubahan warna bola sepak menjadi putih diperkirakan bermula pada tahun 60-an. Namun baru terwujud ketika brand Adidas menjadi pencipta bola sepak hitam putih pertama kalinya dengan 12 bentuk pentagon hitam dan 20 bentuk heksagon putih. Bola tersebut dinamai Adidas Telstar.

Bola ini kemudian dipakai untuk Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Kenapa Pola Bola Sepak Berbentuk Heksagon dan Pentagon?

Selain memiliki warna hitam dan putih, pola bola sepak juga berbentuk segilima (pentagon) atau segienam (heksagon). Pola tersebut menjadi ciri khas pada bola sepak.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang menyadari bahwa kombinasi pola pentagon dan heksagon terbilang cocok dan menjadikan bola sepak lebih tahan lama.



Simak Video "Pele Diabadikan Jadi Nama Jalan di Brasil"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia