Mengenal Magnet Ladam, Ini Bentuk dan Kegunaannya

Mengenal Magnet Ladam, Ini Bentuk dan Kegunaannya

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 29 Nov 2022 13:00 WIB
3 Cara Membuat Magnet Bareng Si Kecil di Rumah, Ajak Eksperiman Yuk Bun
Foto: Getty Images/iStockphoto/dontree_m/Ilustrasi Mengenal Magnet Ladam, Ini Bentuk dan Kegunaannya
Jakarta -

Istilah magnet diambil dari kata Magnesia yang sebetulnya adalah nama suatu daerah di Asia Kecil. Di sana, orang-orang Yunani menemukan sifat magnet dalam batu-batuan yang dapat menarik logam.

Magnet disebut juga sebagai besi berani. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang berbentuk jarum, cincin, batang, silinder, sampai ladam. Menurut Dunia IPA Kelas 5 SD Semester 2 karya Drs H Panut dkk., nama-nama ini biasanya disesuaikan dengan bentuknya.

Apakah detikers sudah pernah mengetahui masing-masing bentuk magnet yang disebutkan di atas? Apakah kalian tahu, magnet ladam seperti apa?

Mengenal Magnet Ladam

Magnet ladam adalah magnet berbentuk U atau tapal kuda. Magnet ladam dapat digunakan untuk mengangkat benda-benda magnetik, misalnya bahan industri, pin, dan lainnya.

Sebatang magnet yang berdekatan dengan benda lain yang sifatnya magnetik, bisa menarik benda tersebut ke arahnya karena ada medan magnet yang mengelilinginya.

Dikatakan dalam Modul IPA Menolak yang Sejenis (2020) karya Abdul Hamid, medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang dipengaruhi gaya-gaya magnet. Medan magnet juga dipengaruhi arah garis gaya magnet, dari utara ke selatan.

Magnet-magnet lain selain magnet ladam juga mempunyai beragam manfaat masing-masing. Simak penjabarannya!

Bentuk-Bentuk Magnet dan Kegunaannya

1. Magnet Batang/Balok

Magnet batang adalah magnet terlemah dan bentuknya seperti balok atau kubus. Kegunaan magnet batang adalah untuk kebutuhan sehari-hari, contohnya menempel barang di kulkas.

Magnet batang adalah jenis yang termurah dan termudah untuk diganti.

2. Magnet Silinder

Magnet silinder biasanya dipakai dalam perawatan medis dan sejumlah operasi. Pada perawatan medis, magnet silinder dimanfaatkan untuk tulang belakang manusia dan sebagainya.

Magnet ini punya daya magnet tingkat tinggi dari permukaan yang relatif kecil berbentuk batang dengan area kutub.

3. Magnet Cincin

Magnet cincin biasa digunakan pada eksperimen sains dan perlengkapan-perlengkapan seperti penyedot debu, generator, motor, dan sebagainya.

4. Magnet Jarum

Magnet jarum berbentuk pipih, memanjang, dan berujung lancip. Magnet ini umumnya dipakai pada kompas sebagai penunjuk arah mata angin.



Simak Video "Ilmuwan China Sukses Hasilkan Medan Magnet Stabil Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia