3 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Terlihat Kurang Cerdas, Pernah Melakukan?

3 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Terlihat Kurang Cerdas, Pernah Melakukan?

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 29 Nov 2022 09:00 WIB
Shot of a young woman experiencing a headache in the office
Foto: Dok. istockphoto/ Ilustrasi 3 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Terlihat Kurang Cerdas, Pernah Melakukan?
Jakarta -

Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman dan beradaptasi terhadapnya, dan membentuk serta memilih lingkungan. Demikian dikatakan dalam sebuah artikel oleh Robert J Sternberg, PhD dalam jurnal Dialogues in Clinical Neuroscience.

Kecerdasan juga dapat dipahami dari segi biologis otak manusia, utamanya yang berkaitan dengan fungsi korteks prefrontal dan berkaitan dengan ukuran otak (setidaknya pada manusia).

Salah satu teori populer yang diperkenalkan oleh psikolog Howard Gardner mengatakan ada delapan tipe kecerdasan manusia, seperti linguistik, spasial, dan lainnya.

Namun, ada juga istilah lain yang biasa digunakan masyarakat untuk mendeskripsikan inteligensi, yaitu kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kecerdasan seksual. Pada teori yang kedua ini, kecerdasan emosional ditandai dengan bagaimana seseorang merespons perasaan dirinya sendiri dan orang lain.

Sementara, kecerdasan sosial adalah kemampuan memahami tujuan dan keinginan orang lain, sehingga hal ini bisa mendukung dalam situasi yang melibatkan kerja sama. Ketiga, kecerdasan seksual adalah kesadaran akan konsep dan kompleksitas akan seksualitas.

Tanda-tanda orang yang cerdas, sebagaimana dikatakan dalam Healthline ada banyak macamnya. Beberapa di antaranya adalah memiliki empati, mempunyai pemahaman diri yang baik, observatif, memiliki hewan peliharaan, dan sebagainya.

Meski begitu, beberapa sikap juga membuat orang terlihat kurang cerdas. Apa saja contohnya?

Kebiasaan yang Membuat Seseorang Terlihat Kurang Cerdas

1. Mengabaikan Faktor Abu-abu

Dikatakan dalam Psychology Today, memberikan pernyataan hitam-putih bisa menjadi berbahaya ketika ada faktor abu-abu yang diabaikan. Hal ini khususnya ketika orang yang mengatakan bukanlah ahli dalam topik yang dibicarakan.

Namun, bahkan saat seseorang merupakan pakar dalam bidang yang tengah didiskusikan, kerap kali dalam berbagai situasi ada banyak perspektif yang perlu dipertimbangkan.

Sebagai contoh, dalam situasi tertentu akan cukup berisiko jika mengatakan, "Ini benar." Sebaliknya, bisa lebih aman mengatakan, "Saya melihat beberapa kasus bahwa ini tidak tepat, yang betul biasanya X."

Meski demikian, tentu saja juga akan ada saat-saat untuk mengatakan sesuatu secara definitif.

2. Bersikeras di Depan Orang yang Lebih Paham

Memang ada kecenderungan di mana seseorang lebih ingin mempertahankan pendapat dan harga diri saat berdebat dengan orang lain. Kendati begitu, ketika situasinya berhadapan dengan orang yang lebih paham akan suatu hal, sikap keras kepala bisa membuat seseorang terlihat kurang cerdas dan kepala batu.

3. Kerap Mempercayai Takhayul

Kebiasaan berikutnya yang dapat membuat seseorang terlihat kurang cerdas adalah sering mempercayai takhayul. Beberapa contoh di antaranya adalah, percaya bahwa kucing hitam membawa ketidakberuntungan, nasib manusia tertulis di bintang-bintang, dan sebagainya.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat seseorang menjadi terlihat kurang cerdas. Detikers pernah melakukannya?



Simak Video "Dialami Indra Bekti, Simak Pengertian dan Gejala Perdarahan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia