Ini Alasan Orang Cerdas Justru Meremehkan Diri Sendiri

Ini Alasan Orang Cerdas Justru Meremehkan Diri Sendiri

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 25 Nov 2022 19:30 WIB
Thinking asian woman.
Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks/Ilustrasi Ini Alasan Orang Cerdas Justru Meremehkan Diri Sendiri
Jakarta -

Apa detikers pernah bertemu seseorang yang cerdas, tetapi meremehkan kemampuannya? Atau malah kalian pernah menemukan yang sebaliknya, kurang pandai namun melebihkan kemampuannya?

Rupanya, fenomena semacam ini memiliki pembahasan tersendiri dalam dunia psikologi.

Alasan mengapa orang yang cerdas justru menganggap diri mereka kurang pintar dan begitu juga sebaliknya adalah fenomena Dunning-Kruger Effect. Simak penjelasannya!

Alasan Orang Cerdas Anggap Diri Mereka Biasa Saja

Dikutip dari sebuah publikasi ilmiah bertajuk "Neurological Correlates of the Dunning-Kruger Effect", Dunning-Kruger Effect atau yang disingkat sebagai DKE adalah ketidaktepatan seseorang dalam menilai kemampuannya.

Menurut teori tersebut, orang-orang yang kurang pintar (menghasilkan skor rendah pada sebuah tes terukur) cenderung menaksir kemampuan mereka terlalu tinggi. Sebaliknya, orang-orang yang memang cerdas justru cenderung meremehkan kemampuan mereka sendiri pada sebuah tes yang sama.

Memahami Dunning-Kruger Effect

Istilah Dunning-Kruger Effect diambil dari nama dua psikolog sosial, David Dunning dan Justin Kruger. Mereka melakukan sejumlah analisis untuk riset mereka yang berjudul "Unskilled and Unaware of It: How Difficulties in Recognizing One's Own Incompetence Lead to Inflated Self-assessments".

Dijelaskan dalam Verywellmind, orang-orang yang ternyata memiliki skor rendah dalam kemampuan gramatikal, humor, dan logika juga cenderung berlebihan dalam menilai kemampuannya.

Dunning dan Kruger mencatat, orang-orang yang kurang kompeten tidak hanya memiliki performa yang buruk, tetapi juga tidak bisa secara akurat menilai kualitas pekerjaannya. Hal ini mungkin mendasari kenapa ada murid yang nilainya kurang bagus, justru merasa berhak memperoleh nilai lebih tinggi.

Penyebab Dunning-Kruger Effect

Dunning-Kruger Effect pada orang yang melebih-lebihkan kemampuan mereka kerap dikaitkan dengan beberapa alasan, yaitu:

1. Ketidakmampuan mengenali kesalahan

2. Kurangnya metakognisi, yaitu kemampuan untuk mundur sedikit dan melihat kemampuan dari sisi lain di luar diri sendiri.

3. Terkadang, pengetahuan yang sedikit bisa membuat seseorang percaya bahwa mereka memahami segalanya.

Menurut para peneliti, semua orang rentan dengan Dunning-Kruger Effect. Penyebabnya adalah, mau seberapa berpengalaman dan berpengetahuan pun seseorang, kita semua memiliki area yang tidak cukup dikuasai.

Seseorang bisa jadi cerdas dan pandai dalam hal tertentu, tapi tidak ada yang mahir dalam segala hal.



Simak Video "Semua Anak Berhak Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia