6 Hewan Ini Terlahir Buta, Bagaimana Cara Mereka Bertahan Hidup?

6 Hewan Ini Terlahir Buta, Bagaimana Cara Mereka Bertahan Hidup?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Jumat, 25 Nov 2022 19:00 WIB
Salamander
Salamander. Foto: Wikimedia
Jakarta -

Jika detikers berpikir semua makhluk hidup dilengkapi dengan indra penglihatan, lain halnya dengan sejumlah hewan ini. Pasalnya, mereka terlahir buta.

Sulit dibayangkan bagaimana cara hewan-hewan tersebut bertahan hidup dengan keterbatasan penglihatan. Namun faktanya, mereka masih bisa mencari makan dan menghindari pemangsa.

Meski tidak dapat melihat, hewan-hewan ini berhasil berkembang dan menjalani kehidupannya. Secara umum, mereka menggunakan indra lainnya untuk bertahan hidup.

Lantas, hewan apa saja yang tergolong buta sejak lahir? Melansir dari AZ Animals, Wildlife Informer dan World Atlas, berikut pemaparannya.

6 Hewan yang Terlahir Buta:

1. Tikus Tanah Berhidung Bintang

Tikus tanah berhidung bintang memiliki tentakel berbentuk bintang di hidungnya. Ia merupakan hewan penggali dan pemakan tercepat di dunia. Jenis tikus ini sering diburu oleh binatang lain, seperti dari kucing, elang, hingga rubah.

Walau tidak memiliki mata, tentakel yang ada di wajahnya dapat mengidentifikasi getaran di bumi dan merasakan medan listrik. Tentakel tersebut juga berfungsi mendeteksi keberadaan predator dan mangsa.

2. Salamander Buta Texas

Salamander buta texas termasuk ke dalam hewan yang tidak memiliki indra penglihatan sejak lahir. Mereka hidup di perairan dalam.

Meski begitu, detikers bisa melihat dua titik hitam seperti mata di wajah hewan ini. Mereka merasakan perubahan tekanan air untuk mendeteksi mangsa dan predatornya.

Karena habitatnya yang terisolasi, makhluk buta ini menduduki puncak rantai makanan yang terdiri dari invertebrata seperti siput dan udang. Sayangnya, spesies ini terancam punah karena ulah manusia.

Selain buta, salamander jenis ini juga tergolong tuli.

3. Olm

Pernah dengar mengenai hewan olm? hewan ini tergolong ke dalam spesies salamander. Peneliti menyebut olm mampu hidup selama satu abad.

Mereka hidup di dalam gua air yang gelap dan dapat bertahan beberapa tahun tanpa memakan apapun. Kemampuan ini membantu olm di habitatnya yang minim makanan.

Olm bertahan hidup dengan cara mendeteksi suara dan merasakan getaran di air serta tanah.

4. Hydra

Hewan hydra masih satu kerabat dengan ubur-ubur. Mereka banyak hidup di air tawar dan terlahir tanpa indra penglihatan.

Hydra terdiri dari berbagai warna, seperti hijau, abu-abu, krem, oranye, dan merah muda. Ketika tubuh mereka direntangkan, panjangnya bisa mencapai 2 inci, tergantung jenis spesiesnya.

Mereka memiliki kaki kecil untuk menempel di berbagai permukaan dalam air. Untuk mencari makan, hewan ini menggunakan tentakelnya dan menyengat para mangsa.

5. Lobster Laut Dalam

Lobster laut dalam atau dinochelus ausubeli terlahir albino dan buta. Kurangnya pigmentasi terjadi pada makhluk laut di permukaan dalam yang tidak terkena sinar matahari.

Meski penglihatannya buruk, lobster laut dalam memanfaatkan cakarnya untuk berburu mangsa dan menghindari predator.

6. Udang Buta

Udang jenis ini ditemukan pada tahun 2012. Mereka terlahir dengan mata, namun seiring berjalannya waktu mata mereka menghilang dan digantikan dengan sensor cahaya pada tubuhnya ketika dewasa.

Nah, itulah pembahasan mengenai sejumlah hewan yang terlahir buta. Apakah detikers pernah melihat salah satunya?



Simak Video "Ratusan Hewan Liar di Kenya Terancam Punah"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia