Dosen, Ini 6 Metode Pengajaran Masa Kini yang Perlu Dikuasai

Dosen, Ini 6 Metode Pengajaran Masa Kini yang Perlu Dikuasai

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 18 Nov 2022 20:00 WIB
Rear view of large group of students raising their hands to answer the question on a class.
6 Metode pengajaran masa kini. Foto: Getty Images/skynesher
Jakarta -

Metode pengajaran dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa tentu mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Terlebih, di era ini, kemajuan teknologi memudahkan segala hal.

Teknologi juga mengubah metode mengajar para dosen. Sebagai contoh, sebelum adanya teknologi, dosen akan meminta mahasiswa untuk mengerjakan tugasnya dengan menulis di atas kertas.

Sekarang, mahasiswa bisa mengerjakan tugas melalui gawai masing-masing. Tidak harus menulis, mereka bisa dengan mudah mengetik dan mencetaknya melalui mesin cetak atau printer.

Nah, metode mengajar yang baik akan memudahkan mahasiswa mencerna materi yang disampaikan. Karena itu, dosen perlu memperbarui metode mengajar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Seperti apa metode mengajar dosen di masa kini? Mengutip unggahan resmi Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek @ditjen.dikti pada Jumat (18/11/2022), berikut ulasannya.

6 Metode Mengajar Dosen Masa Kini

1. Memanfaatkan Teknologi Visual

Kini, mahasiswa dituntut untuk melek teknologi, begitu pun dengan dosen. Jadi, dosen harus meningkatkan kemampuan mengajarnya dengan mengikuti perkembangan teknologi yang pesat di era sekarang.

Sebagai contoh, dosen bisa memaparkan materi melalui teknologi visual yang berupa video pembelajaran dalam bentuk ilustrasi.

2. Gunakan Sistem Blended Learning

Dosen tidak harus selalu melakukan pembelajaran tatap muka. Media sosial, blog, website, grup obrolan, dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan untuk membagikan link materi atau tugas kepada mahasiswa.

3. Melibatkan Isu Terkini

Tidak kalah pentingnya, dosen harus akrab dan updated dengan isu-isu terkini. Tujuannya agar mahasiswa kritis dan suasana kelas menjadi lebih hidup dengan adanya bahan diskusi terkait isu-isu tersebut.

4. Berorientasi pada Kewirausahaan dan Kreativitas

Mata kuliah yang diajarkan oleh dosen bisa dihubungkan ke hal-hal yang berkaitan dengan kewirausahaan dan kreativitas, seperti desain grafis, content writing, content creating, dan masih banyak lagi.

Nantinya, dosen bisa mengarahkan mahasiswa membuat website atau blog pribadi sebagai konten pemasaran digital yang meningkatkan jiwa kreativitas dan kewirausahaan.

5. Melakukan Observasi Nyata

Maksud dari melakukan observasi nyata ialah mengajak mahasiswa melakukan pengamatan dan praktik terhadap materi pembelajaran, seperti observasi lapangan. Hasilnya, mahasiswa dapat membuat laporan observasi dalam bentuk karya ilmiah.

7. Memberikan Tugas Project

Nah, tugas project ini menghasilkan produk yang dijadikan bahan belajar. Contohnya ketika mempelajari bisnis perdagangan elektronik atau e-commerce, maka tugas proyek yang diberikan dosen bisa berupa dagang melalui internet. Tugas proyek dapat mengasah keterampilan mahasiswa dan pola pikir dalam merealisasikan ide dan menghasilkan produk nyata.

Nah, itulah 6 metode pengajaran masa kini yang perlu dikuasai oleh dosen dari Kemendikbudristek. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Kedua Kali Jadi Dosen Tamu UGM, Prilly Latuconsina Bahas Cancel Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia