Bukan dengan Bola Mata, Ternyata Lalat Menggerakkan Ini untuk Melihat

Bukan dengan Bola Mata, Ternyata Lalat Menggerakkan Ini untuk Melihat

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 16 Nov 2022 09:30 WIB
Cara ampuh usir lalat
Foto: Getty Images/Ilustrasi Bukan dengan Bola Mata, Ternyata Lalat Menggerakkan Ini untuk Melihat
Jakarta -

Studi baru-baru ini mengungkap fakta mengenai mata pada lalat buah. Ternyata, mereka tidak dapat menggerakkan bola matanya untuk melihat karena ukurannya yang besar.

Berbeda dengan manusia, hewan ini justru menggerakkan retina, bukan bola matanya. Penelitian mengenai mata lalat ini diterbitkan di Nature, sebuah jurnal ilmiah internasional berbasis Inggris yang telah ada sejak tahun 1869.

Selain lalat, sebetulnya telah ada penelitian tentang laba-laba yang dapat menggerakkan retinanya. Berangkat dari studi tersebut, Dr Lisa Fenk dan Associate Professor Gaby Maimon dari Universitas Rockefeller meneliti kemampuan unik ini pada hewan lainnya, yaitu lalat.

Lalat Memanfaatkan Molekul Fluoresens

Berdasarkan penelitian terbaru, ternyata lalat memindahkan retina ke dalam bola mata yang tidak bergerak. Mereka memanfaatkan molekul fluoresens yang mengikat serat otot untuk menggerakkan retinanya, seperti dikutip dari New Atlas.

Lalat memiliki dua otot yang melekat pada setiap retinanya. Otot-otot tersebut memungkinkan retina untuk bergerak maju mundur, serta naik turun.

Lalu, ketika lalat diletakkan tepat di depan layar LED panorama dengan kepala tidak bergerak, hasilnya hewan tersebut menggerakkan retinanya mengikuti pola bergerak yang ditampilkan di layar. Namun, ketika ditampilkan objek yang diam, retina lalat hanya mengalami sedikit pergerakan.

Gerakan Retina Meningkatkan Resolusi Penglihatan Lalat

Gerakan retina lalat dapat membantu meningkatkan resolusi penglihatannya. Jika manusia memiliki sekitar 150 juta neuron fotoreseptor di tiap mata, lalat buah justru hanya memiliki sekitar 6.000.

"Sangat menarik bahwa lalat buah mampu menggerakkan retinanya. Ini menunjukkan mungkin ada serangkaian fitur lain yang belum ditemukan yang digunakan sistem visual untuk membantu mengumpulkan dan memproses informasi," kata Fenk.

Itulah informasi mengenai studi yang membahas mengenai pergerakan retina pada lalat. Penelitian lengkapnya bisa detikers baca melalui jurnal Nature dengan judul Muscles that move the retina augment compound eye vision in Drosophila.



Simak Video "Kisah Ilmuwan yang Celaka Karena Temuannya Sendiri "
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia