Hewan Juga Bisa Mimpi Ketika Tidur, Ini Penjelasannya

Hewan Juga Bisa Mimpi Ketika Tidur, Ini Penjelasannya

Devi Setya - detikEdu
Kamis, 08 Sep 2022 14:45 WIB
Tingkah lucu hewan seringkali membuat gemas. Saat tidur pun beberapa hewan ini tetap terlihat menggemaskan karena pose mereka.
Ilustrasi koala sedang tidur Foto: iStock
Jakarta -

Mimpi biasa dialami manusia ketika tidur lelap. Ternyata bukan hanya manusia saja yang bisa bermimpi, beberapa hewan juga mengalami mimpi ketika tidur.

Jika melihat kucing atau anjing terlelap, kadang hewan ini terlihat menggerakkan ekor dan tubuhnya ketika sedang tidur. Beberapa hewan juga mengeluarkan suara kecil padahal sedang dalam posisi tidur. Sekilas hal ini mirip seperti manusia yang sedang tidur lantas bermimpi.

Banyak orang kemudian bertanya-tanya, apakah para hewan juga bisa mengalami mimpi ketika tidur?

Dilansir dari Psychology Today (8/9) para peneliti mengungkapkan tidak dapat membaca isi mimpi dari kucing, anjing dan beberapa jenis hewan lainnya. Hal ini tidak bisa dilakukan meskipun mengandalkan alat canggih sekalipun.

Namun bukan berarti para hewan ini tidak mengalami mimpi saat tidur nyenyak. Berdasarkan penelitian dapat diperoleh fakta tentang mimpi hewan. Dapat ditelusuri jenis hewan mana yang bermimpi ketika tidur dan hewan apa saja yang tidak mengalami mimpi.

Isi mimpi hewan biasanya berhubungan dengan indra yang dominan mereka gunakan.

Tanda manusia dan hewan mengalami mimpi

Pada manusia, ketika bermimpi akan ditandai dengan Rapid Eye Movement (REM) atau pergerakan mata secara cepat. Ketika diukur dengan alat electroencephalography (EEG) pada kulit kepala, gerakan REM ketika manusia bermimpi ini serupa dengan gerakan ketika manusia sedang menjalani aktivitas.

Hal serupa juga terjadi pada beberapa jenis hewan. Pola gerakan mata ketika hewan tidur, tampak sangat mirip dengan yang diukur ketika hewan itu bangun.

Jadi, meskipun tubuh hampir lumpuh karena proses tidur namun otak tetap bekerja aktif layaknya hewan ini sedang dalam keadaan bangun. Pola aktivitas REM ini cukup mirip antar spesies.

Ketika seekor hewan menghabiskan cukup banyak waktu dalam tidur alias nyenyak, masuk akal untuk berasumsi bahwa mereka sedang mengalami mimpi.

Apakah semua jenis hewan bisa mimpi ketika tidur?

Hampir seluruh hewan, termasuk jenis invertebrata dan vertebrata, mengalami periode istirahat atau tidak aktif. Tetapi hanya beberapa jenis hewan yang benar-benar tidur. Artinya hewan-hewan ini memasuki keadaan aktivitas otak yang berubah secara substansial, dipicu oleh faktor internal, bukan hanya oleh kebutuhan untuk berhenti bergerak.

Tidur menjadi kebutuhan bagi sebagian besar jenis hewan, termasuk di dalamnya jenis hewan invertebrata seperti lalat dan kepiting. Meskipun membutuhkan tidur, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hewan invertebrata mengalami mimpi.

Lain halnya dengan hewan vertebra, tidur justru menjadi sebuah kebutuhan rutin. Jenis hewan ini juga memiliki potensi besar mengalami mimpi saat tidur.

Semua jenis mamalia, reptil dan burung membutuhkan waktu istirahat. Tak heran jika jenis hewan ini sering terlihat tidur. Kondisi ini memudahkan proses penelitian sehingga dapat diprediksi bahwa jenis hewan ini mengalami mimpi saat tidur.

Hewan jenis mamalia bisa bermimpi

Jenis mamalia dan burung menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tidur. Ketika diukur melalui REM, jenis mamalia terbilang cukup lama menggerakkan mata saat tidur. Hal ini menjadi indikasi hewan ini sedang bermimpi.

Sementara pada burung, ketika dilakukan pengujian periode REM hanya berlangsung beberapa detik pada satu waktu, hal ini menyiratkan bahwa hewan itu akan dengan cepat masuk dan keluar dari mimpi.

Di dunia hewan, mamalia berbulu mungkin adalah pemimpi yang paling produktif. Jadi jangan heran ketika melihat hewan peliharaan seperti anjing atau kucing sedikit mengeluarkan suara atau gerakan saat mereka terlelap.

Mimpi hewan ini bisa meliputi berbagai hal, umumnya adalah pengalaman yang dirasakan hewan ini. Mimpi ini tidak bisa dijabarkan secara detail karena keterbatasan komunikasi.

Kemungkinan, mimpi hewan ini berkaitan dengan apa pun yang pernah dilihat, didengar dan dialami hewan tersebut. Misalnya ada seekor kucing yang sehari penuh bermain dengan riang, bukan tidak mungkin jika aktivitas bermainnya ini tetap ia rasakan ketika sedang tidur sehingga terbawa mimpi.



Simak Video "Tidur Sore Bikin Bodoh"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia