Epilog Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Epilog Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Cicin Yulianti - detikEdu
Selasa, 15 Nov 2022 10:00 WIB
Singapore School Bona Vista memantaskan drama musikal dengan judul Tana Mera di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (5/10/2015). Drama musikal ini bercerita tentang legenda lion king. Agung Pambudhy/detikcom.
Dalam pertunjukan drama dapat dijumpai epilog (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Dalam menulis atau membaca sebuah naskah drama, kita sudah tidak asing dengan dialog yang merupakan perkataan dari masing-masing tokoh. Selain dialog, sebuah naskah drama juga mengandung epilog.

Apa itu epilog? Epilog adalah kata penutup yang terdapat di akhir drama atau teks karya sastra. Biasanya epilog berisikan kesimpulan atau pesan moral yang bisa diambil dari sebuah cerita atau drama yang dipentaskan.

Epilog bisa disebut juga sebagai penutup drama. Naskah dari epilog nantinya akan dibacakan oleh announcer atau pembawa acara. Mereka akan membacakan epilog yang merupakan kesimpulan atau kilas balik dari isi drama.

Epilog adalah kebalikan dari prolog yang terdapat di awal cerita dan merupakan narasi pembuka pementasan sebuah drama, pidato atau karya sastra. Epilog sendiri lebih mudah dituliskan dibandingkan dengan prolog.

Fungsi Epilog

Secara umum, fungsi dari epilog adalah memberikan simpul nilai drama. Mengutip 45 Kesalahan Penulis Wattpad oleh Neinilam Gita (2018), fungsi lain epilog adalah sebagai berikut:

  • Mengembalikan cerita ke kehidupan para tokohnya yang damai setelah adegan membahayakan dalam konflik
  • Menyimpulkan konflik serta solusinya
  • Memberikan penutup atau fan service untuk pembaca
  • Menuliskan kembali apa yang terjadi pada tokoh setelah cerita berakhir
  • Menyampaikan intisari cerita atau menafsirkan maksud dari karya tersebut
  • Mengungkap penegasan peristiwa-peristiwa moral, tata nilai, atau refleksi kehidupan

Contoh Epilog

Mengutip beberapa sumber, berikut adalah contoh dari epilog:

Contoh 1

Hari itu Yunna merasa bahagia, meskipun sebelumnya dia dibingungkan dengan sikap Dannis yang penuh tanda tanya. Tapi walaupun seperti itu, kejadian siang tadi telah membuatnya tersenyum lepas ceria karena melihat tingkah laku dua anak laki-laki yang cukup menghiburnya dan memberikan kenangan tersendiri bagi Yunna yang tidak akan pernah dia lupakan sampai kapan pun.

Contoh 2

Faiza mengerti apa yang dikatakan ibu dan bapak. Ternyata setiap orang harus bersikap jujur agar tidak korupsi. Kalau tidak jujur bisa ditangkap seperti orang-orang yang memakai baju orange. Faiza tidak mau menjadi seperti itu.



Simak Video "Tantangan Nicholas Saputra dan Happy Salma Garap Teater Tradisi Kuno Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia