Kenapa Ikan Melihat ke Bawah saat Berenang?

Kenapa Ikan Melihat ke Bawah saat Berenang?

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 12 Nov 2022 19:00 WIB
Ilustrasi ikan batu karang atau Synanceia verrucosa
Foto: Getty Images/iStockphoto/wrangel/Kenapa Ikan Melihat ke Bawah saat Berenang?
Jakarta -

Sama halnya seperti manusia yang juga melihat ke bawah saat berjalan, ikan pun ternyata melihat ke bawah saat berenang. Namun, apa alasannya?

Fakta ini telah dikonfirmasi oleh sebuah studi multinasional yang dinakhodai oleh Northwestern University.

Guna memastikan hal itu, para peneliti fokus menganalisis ikan zebra. Mereka mengkhususkan di habitat asli ikan tersebut di India.

Pada penelitian yang diterbitkan di jurnal Current Biology tersebut, tim riset mengunjungi tujuh tempat di penjuru India untuk mengumpulkan video ikan-ikan di sungai dangkal. Ketua tim, Emma Alexander mengatakan, ikan lebih merespons pergerakan yang ada di bawah mereka, daripada pergerakan yang ada di atasnya.

Alasan Ikan Melihat ke Bawah saat Berenang

Para peneliti menyimpulkan, ikan melihat ke bawah saat berenang supaya mereka dapat memahami pergerakan lingkungannya dan berenang untuk melawan pergerakan itu, sehingga mereka tidak akan hanyut.

"Ini adalah perilaku adaptif," kata Alexander, dikutip dari Science Daily.

Permukaan air terus-menerus bergerak. Demikian juga ikan lainnya maupun tumbuhan. Ikan memilih untuk mengabaikan hal ini dan memusatkan perhatian ke informasi yang ada di bawahnya.

Dasar sungai memiliki banyak tekstur, sehingga ikan bisa melihat fitur kuat untuk dilacak.

Para peneliti menyebutkan, perilaku ikan melihat ke bawah ini adalah kebiasaan adaptif yang berevolusi untuk membantu ikan menstabilkan diri, sebagaimana halnya saat mereka melawan arus.

Ketika air bergerak, ikan akan terus berusaha menstabilkan diri agar tetap di tempatnya dan tidak hanyut. Jika ikan fokus pada ikan lain, tanaman, atau kotoran, maka akan memberikan ilusi palsu bahwa mereka sedang bergerak.

Dasar sungai yang stabil memberi informasi yang lebih terpercaya mengenai arah dan kecepatan berenang mereka.

Penelitian ini tidak hanya memberikan pemahaman mengenai perilaku ikan, tetapi juga memberikan informasi untuk sistem penglihatan buatan dan robot bio.

Alexander juga menjelaskan, mata ikan yang mengarah ke samping adalah untuk menyeimbangkan beberapa tugas. Dia melanjutkan, "Mata mereka menunjuk ke samping sebagai bentuk kompromi. Mereka melihat ke atas untuk berburu dan melihat ke bawah untuk berenang."



Simak Video "Ikan Pari Air Tawar Raksasa Seberat 300 Kg Ditemukan di Kamboja"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia