Ingat-ingat! 3 Tips Bertahan di Kerumunan yang Dishare Ridwan Kamil

Ingat-ingat! 3 Tips Bertahan di Kerumunan yang Dishare Ridwan Kamil

Nikita Rosa - detikEdu
Senin, 07 Nov 2022 10:30 WIB
Pesta Halloween di sebuah gang di Itaewon, Seoul berakhir petaka. Sebanyak 151 orang dilaporkan meninggal dunia akibat berdesakan dan terinjak-injak.
Galeri detikEdu: Cara Bertahan di Kerumunan. (Foto: REUTERS/YONHAP)
Jakarta -

Baru-baru ini, dunia dikejutkan oleh kasus kerumunan yang menelan korban. Setelah tragedi Kanjuruhan di Jawa Timur, hal serupa kembali terjadi di Itaewon, Korea Selatan. Sebagai antisipasi, publik mulai menaruh perhatian pada cara-cara melindungi diri di tengah kerumunan.

Salah satu tokoh publik yang ikut mengingatkan persiapan diri di tengah kerumunan adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Pak RK membagikan tips bertahan di kerumunan melalui laman Instagram resminya dalam bentuk video.

"Ingat-ingat dan hafalkan video ini. Cara-cara untuk selamat jika berada di lautan kerumunan yang membahayakan jiwa seperti kasus di Itaewon Korea, atau konser-konser atau apapun," tulis Ridwan Kamil di Instagram-nya, ditulis Senin (7/11/2022).

Video yang dibagikan Ridwan Kamil berisi cara-cara melindungi diri saat kerumunan oleh ahli keamanan Amerika Serikat, Paul Wertheimer.

"Tag temanmu yang suka pergi ke acara-acara kerumunan besar seperti ini. Semoga bermanfaat," sambung Ridwan Kamil.

Apa saja tips melindungi diri saat kerumunan terjadi? Ini tiga hal penting.

3 Cara Melindungi Diri di Tengah Kerumunan

1. Cari Cara untuk Keluar

Rencana keluar atau exit plan adalah strategi persiapan sebelum kerumunan https://www.detik.com/tag/kerumunan mulai riuh. Menurut Paul, seseorang harus mulai membayangkan apa kemungkinan terburuk saat kerumunan menjadi tidak terkendali.

"Saat kamu melihat ke kerumunan, kamu harus mulai membayangkan apa kemungkinan yang bisa terjadi," ucap Paul dalam video tersebut.

Ungkapnya, saat kerumunan menjadi riuh mereka akan bergerak seperti sungai. Seseorang tidak akan bisa berdiri lagi jika menjatuhkan barang.

"Bergerak ke samping dan cari perlindungan," ujarnya.

Untuk menghindari kerumunan, kamu perlu bergerak ke samping untuk mencari perlindungan. Kamu bisa berlindung di balik mobil, tempat sampah, atau pintu.

2. Tetap Berdiri dengan Posisi seperti Petinju

Hal penting selanjutnya adalah tetap berdiri. Karena saat berkerumun, jika pijakanmu tidak kuat dan orang lain mendorong, kamu akan terhuyung hingga jatuh.

Paul menyarankan untuk berdiri dengan posisi kaki kanan di depan kaki kiri dan kedua tangan diangkat seperti seorang petinju. Hal ini akan membuat pijakanmu kuat serta menghindari organ-organ penting di tubuh.

Dada adalah lokasi yang sangat penting sebab menyimpan jantung hingga paru-paru. Dengan memposisikan tangan dalam mode berlindung seperti petinju, kamu sedang melindungi organ-organ vitalmu.

3. Jika Jatuh, Pegang Kepala dan Hadap Tubuh ke Samping

Jika pada akhirnya kamu hilang keseimbangan dan terjatuh, segera hadapkan tubuh ke samping. Segera buat posisi meringkuk sedikit untuk melindungi organ vital serta kepalamu.

"Jika sampai jatuh, jangan sentuhkan punggung dan perut ke lantai," ujar Paul.

Jangan sampai jatuh dengan posisi telentang, sebab, hal ini bisa membuat organ penting tubuh terinjak-injak.

Nah, tiga hal ini penting untuk diingat sebagai tindakan antisipasi saat terjadi kerumunan yang tak terkendali. Tetap berhati-hati ya detiker!



Simak Video "Kapolri Upayakan Liga 1 Bisa Segera Dihadiri Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia