Komunisme: Pengertian, Sejarah, dan Contoh Negara

Komunisme: Pengertian, Sejarah, dan Contoh Negara

Cicin Yulianti - detikEdu
Rabu, 26 Okt 2022 16:30 WIB
Ilustrasi Palu Arit. (Thinkstock/Iluhanos)
Foto: Thinkstock/Iluhanos/ilustrasi negara komunis
Jakarta -

Apakah detikers pernah mendengar peristiwa G30S PKI? Gerakan 30 September menewaskan beberapa jenderal adalah pemberontakan yang dilakukan Partai Komunis Indonesia.

Peristiwa kelam tersebut pun memberikan pandangan yang negatif terhadap partai komunis yang lahir di Indonesia pada tahun 1914.

Sampai saat ini, Indonesia menolak paham-paham yang berkaitan dengan komunisme.


Pengertian Komunisme

Mengutip buku Pendidikan Kewarganegaraan SMP/MTS KLS VII, dijelaskan bahwa ideologi atau paham komunisme adalah ideologi yang mendasarkan pada suatu keyakinan bahwa manusia pada hakikatnya hanya makhluk sosial saja.

Komunisme memandang bahwa tidak adanya hak individu membuat demokrasi individualis itu tidak ada, yang ada hanya hak komunal.

Etika dalam ideologi komunisme mendasarkan pada kebaikan hanya demi keuntungan kelas masyarakat secara totalitas. Demi kepentingan kelasnya, maka segala hal dapat dihalalkan dan dilakukan.

Sejarah Komunisme

Dalam buku Sejarah Komunisme dan Marxisme-Leninisme: Dari Awal ke Penurunan terbitan Cambridge Stanford Books Pada tahun 1985, hampir sepertiga populasi dunia hidup dalam sistem Marxis-Leninis.

Meski begitu, banyak yang memperdebatkannya karena para ideologi komunis menganggap tidak sebagian besar negara menganut marxis karena paham tersebut terus berubah dan direvisi.

Oleh karena itu, komunisme tidak bisa dipisahkan jauh dari marxisme. Hampir sebagian besar bentuk baru dari paham komunisme berkaitan secara nominal dengan marxisme, sebuah paham yang dicetuskan oleh Karl Marx.

Di era marxis memperoleh banyak pengikut, partai-partai komunis yang menolak revolusi senjata ikut memeluk cita-cita marxis mengenai kepemilikan kolektif dan masyarakat tanpa kelas.

Paham komunisme berhasil di negara terbelakang dengan kemiskinan endemik seperti pada Kekaisaran Rusia dan Republik Cina.

Penyebaran paham komunisme tidak bisa dipisahkan dari revolusi Rusia yang menciptakan negara Uni Soviet yang mendeklarasikan sendiri di dunia sebagai negara sosialis pertama.

Sejak revolusi tersebut, paham komunisme mulai memiliki dampak fenomenal. Meskipun Uni Soviet bubar di tahun 1991, namun beberapa negara bagian Marxis-Leninis masih mempertahankan komitmen nominal pada komunisme.

Negara-negara tersebut antara lain adalah Kuba, Vietnam, Laos, dan Tiongkok.

Contoh Negara Komunis

Negara yang memegang ideologi komunisme saat ini terhitung sedikit. Berikut beberapa negara yang menjalankan ideologi komunisme dalam menjalankan pemerintahannya:

1. Republik Rakyat Tiongkok

2. Vietnam

3. Laos

4. Korea Utara

5. Kuba

6. Eritrea

Negara Indonesia sendiri sangat melarang keras paham komunisme karena sangat bertentangan dengan ideologi demokrasi pancasila yang mengedepankan hak-hak kemanusiaan baik individu maupun kelompok.



Simak Video "BNPT: Jangan Gunakan Ideologi Kebencian-Intoleran Jelang Pemilu 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia