Daftar Hak dan Kewajiban Terhadap Hewan Peliharaan, Catat Ya!

Daftar Hak dan Kewajiban Terhadap Hewan Peliharaan, Catat Ya!

Cicin Yulianti - detikEdu
Rabu, 26 Okt 2022 08:30 WIB
A Saudi youth brings his cat to
Foto: REUTERS/Ahmed Yosri/ilustrasi hewan peliharaan
Jakarta -

Apakah detikers memiliki hewan peliharaan di rumah seperti kucing, anjing, burung, dan sejenisnya? Tentunya memiliki hewan peliharaan sangatlah menyenangkan dan bisa menghibur. Tapi tahukah kamu bahwa hewan peliharaan memiliki hak dan kewajiban?

Sama seperti manusia, sebagai makhluk ciptaan Tuhan hewan peliharaan wajib dijaga dan dirawat dengan baik. Hal ini turut diatur oleh negara.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dijelaskan bahwa hewan peliharaan adalah hewan yang kehidupannya untuk sebagian atau seluruhnya bergantung pada manusia untuk maksud tertentu.

Hal-hal yang bisa didapatkan dari hewan peliharaan disebut hak, sedangkan hal-hal yang harus diberikan dan dilakukan terhadap hewan peliharaan disebut kewajiban.

Oleh karena itu, setiap orang harus memerhatikan hak dan kewajiban terhadap hewan peliharaan.

Dalam buku Semua Pintar Ulangan Harian Tematik Kelas 4 SD oleh Moh Zulkifli dkk (2022), berikut adalah hak dan kewajiban terhadap hewan peliharaan.

Hak dan Kewajiban Terhadap Hewan Peliharaan:


Hak Terhadap Hewan Peliharaan

1. Memiliki hewan peliharaan

Setiap orang berhak memiliki hewan peliharaan di rumahnya. Ketika ingin memelihara hewan di rumah, diperlukan untuk lebih mengetahui hewan apa saja yang bebas dipelihara dan hewan mana saja yang tidak boleh atau dilindungi oleh hukum.

Hal ini penting karena ada beberapa orang yang memelihara hewan-hewan yang dilindungi, padahal itu melanggar hukum.

2. Melepas hewan ke alam bebas

Sebaliknya, jika hewan yang dipelihara kondisinya akan lebih baik jika dilepaskan ke alam bebas, maka hewan tersebut perlu dilepaskan.

Seperti misalnya seekor burung akan jauh lebih bebas terbangnya jika dilepaskan dan tentunya hal tersebut menjadi alami.

3. Hak terhadap hasil ternaknya

Bagi yang memelihara hewan ternak seperti ayam, sapi atau kambing tentunya banyak hal yang bisa diperolah.

Misalnya jika kita memelihara seekor ayam, maka kita bisa mendapatkan dagingnya, telurnya hingga hasil lain yang bisa dikonsumsi sendiri ataupun bisa dijual ke orang lain.

4. Bermain dengan hewan peliharaan

Alasan banyak orang memelihara kucing atau anjing dikarenakan kedua hewan tersebut bisa diajak untuk bermain selayaknya teman.

Hewan-hewan peliharaan seperti itu bisa saja memulihkan mood seseorang yang memeliharanya bahkan bisa menjadi sahabat kesepian.

5. Mendapat hiburan dari hewan peliharaan

Tingkah hewan peliharaan yang tidak terduga, terkadang terlihat lucu dan menghibur. Tak jarang seekor hewan peliharaan dapat menjadi cara untuk menyembuhkan trauma atau beberapa masalah mental yang tuannya miliki atau sebagai alternatif self healing.

Kewajiban Terhadap Hewan Peliharaan

1. Merawat hewan peliharaan

Merawat hewan peliharaan supaya tidak sakit dan bisa tumbuh dengan baik adalah kewajiban yang harus dilakukan pemilik.

Merawat hewan bisa dilakukan dengan cara memberinya makan, minum, dan tempat tidur yang layak.

2. Memberi makan dan minum hewan peliharaan

Memelihara artinya tidak membiarkan hewan-hewan tersebut mati dan terabaikan. Oleh karena itu, menjaga asupan makan dan minum menjadi hal yang sangat penting terhadap hewan peliharaan.

Karena mereka sama seperti manusia yang membutuhkan makan dan minum untuk bisa tumbuh dan berkembang.

3. Memberikan tempat tinggal hewan

Memberikan tempat tinggal yang layak sudah menjadi kewajiban terhadap hewan yang dipelihara.

Memberikan tempat tinggal artinya memastikan bahwa hewan yang dipelihara tidak berkeliaran ke mana-mana dan tidak merugikan hewan tersebut hingga ataupun lingkungan sekitarnya.


4. Melindungi tempat tinggal hewan

Selain memberikan tempat tinggal hewan, ada juga kewajiban untuk melindunginya dan menjamin hewan peliharaan bisa hidup nyaman.

Artinya hewan merasa terlindungi dari gangguan yang bisa datang dari luar seperti hujan, angin, pencuri atau hewan lain yang berusaha menyerangnya.

5. Mengobati jika sakit

Pemilik hewan peliharaan harus bertanggung jawab untuk menyembuhkan hewannya yang sedang sakit dengan memberikan obat sesuai dengan penyakit yang sedang diidapnya.

Nah itulah sederet hak dan kewajiban terhadap hewan peliharaan. Jangan lupa dilakukan ya detikers!



Simak Video "Pesta Rakyat 10 Tahun Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia