Kenali Jenis Otot Manusia dan Cara Kerjanya dalam Tubuh

Kenali Jenis Otot Manusia dan Cara Kerjanya dalam Tubuh

Cicin Yulianti - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 20:30 WIB
Jantung manusia
Jantung manusia tersusun atas otot tertentu yang berbeda dengan bagian tubuh lainnya. (Foto: iStockphoto)
Jakarta -

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menyebut otot sebagai daging. Perlu diketahui, 40 persen tubuh manusia didominasi oleh otot. Jenis otot pun tak seragam.

Otot adalah alat gerak aktif karena kemampuannya untuk melakukan kontraksi (memendek) dan relaksasi (memanjang atau kembali ke ukuran semula).
Oleh karena itu, seseorang akan sulit bergerak jika terdapat bagian otot yang cedera atau terluka.

Otot terdiri dari sekumpulan serabut yang terbentuk dari sel-sel. Bentuk dari otot bisa kita lihat dari daging ayam yang kita makan. Daging ayam tersebut terlihat sebagai serabut-serabut halus jika sudah dimasak.

Keberadaan otot dalam tubuh membuat kita bisa bergerak dan melakukan kontraksi dan relaksasi. Kontraksi ditandai dengan otot yang memendek dan menebal, sedangkan relaksasi ditandai dengan otot yang kembali ke keadaan semula.

Jenis Otot Manusia

Tubuh manusia tersusun oleh beberapa jenis otot yang berbeda. Mengutip buku IPA BIOLOGI: Jilid 2 oleh Saktiyono, berdasarkan bentuk, susunan, dan cara kerjanya, jenis otot manusia dibedakan menjadi tiga macam yakni otot lurik, otot polos, dan otot jantung.

1. Otot Lurik (Otot Rangka)

Otot lurik merupakan otot yang menempel pada rangka atau tulang kita. Jaringan otot lurik ini menempel pada anggota gerak dan terdapat hampir di seluruh bagian tubuh. Jika kita amati secara detail lewat mikroskop, sel otot lurik memiliki banyak inti sel yang letaknya di tepi.

Sel otot ini memiliki bagian yang gelap dan terang yang memberikan penampakan seperti lurik. Karena itu otot ini disebut otot lurik.

Adapun nama otot rangka, karena otot ini melekat pada tulang (rangka) yang berfungsi sebagai alat gerak aktif. Bagian-bagian otot lurik meliputi tendon dan serabut otot.

Mengutip dari Modul Pembelajaran SMA BIOLOGI Kemendikbud, ciri-ciri otot lurik adalah:

  • Bentuk dari sel otot lurik adalah panjang dan silindris
  • Sel serabut otot lurik memiliki serat yang terlihat gelap dan terang (serat lintang)
  • Melekat pada rangka tubuh,lengan, kaki, dada dan leher
  • Bagian ujung serabut otot berbentuk runcing dan dinamakan tendon
  • Otot bekerja secara sadar
  • Reaksi kerjanya tidak teratur dan cepat
  • Gampang lelah
  • Memiliki banyak inti sel yang letaknya di tepi

2. Otot Polos (Otot Licin)

Otot polos atau otot licin terdapat pada organ tubuh kita. Otot polos merupakan penyusun organ-organ dalam tubuh manusia seperti usus halus, lambung, pembuluh darah, saluran pernafasan, dinding rahim dan bagian lainnya. Karena itu otot halus disebut juga otot dalam.

Berikut ciri-ciri dari otot polos:

  • Bentuk sel otot polos adalah gelendong dengan kedua ujungnya yang runcing
  • Berbeda dengan otot lurik, inti dari sel otot polos hanya ada satu dan terletak di tengah sel
  • Otot bekerja secara tidak sadar
  • Tidak mudah lelah
  • Reaksi kerja ototnya teratur dan lambat

3. Otot Jantung

Otot jantung hanya terdapat pada dinding jantung manusia. Fungsi otot jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kontraksi dan relaksasi pada otot jantung ini menjadikan kita bisa merasakan denyut jantung.

Berikut ciri-ciri dari otot jantung:

  • Bentuk sel otot jantung adalah bercabang-cabang dan memiliki banyak inti sel
  • Letak inti sel berada di tengah serabut
  • Otot bekerja secara tidak sadar atau dipengaruhi oleh saraf otonom
  • Tidak mudah lama karena memiliki daya kerja selama manusia masih hidup
  • Reaksi kerjanya teratur dan lambat

Bagaimana Cara Kerja Otot Manusia?

Secara umum, cara kerja otot kita dipengaruhi oleh rangsangan melalui saraf. Rangsangan-rangsangan tersebut akan menyebabkan otot melakukan kontraksi dan relaksasi.

Meski begitu, setiap jenis otot memiliki cara kerja dan sifat yang berbeda berdasarkan letak dan fungsinya masing-masing. Kerja otot dalam tubuh manusia pun memungkinkan rangsangan yang berbeda juga.

Pertama, pada otot lurik. Kerja otot lurik berdasarkan pada kehendak atau kesadaran kita. Kehendak tersebut berupa perintah dari otak. Contoh pergerakan otot lurik adalah ketika kita menulis.

Secara sadar, kita melakukan pergerakan untuk mengambil pulpen atau mengetik keyboard laptop dalam menulis. Pergerakan itulah yang disebut sebagai perintah otak.

Adapun pergerakan otot lurik termasuk cepat, tidak teratur dan akan menyebabkan kelelahan. Kelelahan otot lurik bisa dirasakan ketika kita banyak bekerja atau mengalami kram.

Kedua, pada otot polos. Otot polos bekerja secara tidak sadar atau tanpa adanya perintah dari otak. Oleh karena itu, kerja organ-organ dalam tubuh kita berjalan secara otomatis tanpa harus kita kehendaki. Kerja otot polos termasuk lambat, tidak cepat lelah, dan teratur.

Ketiga, otot jantung. Cara kerja otot jantung tidak dipengaruhi oleh kehendak kita atau secara tidak disadari. Otot jantung adalah otot yang tidak pernah berhenti bergerak selama seseorang masih hidup. Gerakan dari otot jantung ini teratur dan tidak kelelahan.

Sekarang detikers sudah tidak bingung lagi kan dalam membedakan jenis-jenis otot yang terdapat dalam tubuh manusia dan ciri-cirinya?



Simak Video "Pengakuan Celine Dion yang Didiagnosis Penyakit Saraf Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia