Daftar 5 Negara yang Warna Benderanya Merah dan Putih, Mirip Indonesia

Daftar 5 Negara yang Warna Benderanya Merah dan Putih, Mirip Indonesia

Anisa Rizki - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 17:00 WIB
Bendera-bendera Mirip Indonesia
Foto: (Reuters)/Ilustrasi bendera mirip Indonesia
Jakarta -

Bendera Merah Putih identik dengan bangsa Indonesia dan menjadi simbol dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pemilihan warna merah putih sendiri memiliki arti tersendiri bagi bangsa Indonesia. Namun, ternyata ada negara lain yang juga memiliki bendera warna merah putih. Negara mana saja itu?

Merangkum dari arsip detikEdu, warna merah memiliki makna berani, sedangkan putih berarti suci. Kombinasi kedua warna tersebut telah digunakan dalam sejarah kebudayaan dan tradisi di Indonesia sejak dahulu.

Bahkan, pada masa Majapahit, warna merah putih digunakan sebagai desain sembilan garis bendera Majapahit.

Sejarah Singkat Penetapan Warna Sang Saka Merah Putih

Melansir dari laman Cagar Budaya Kemendikbud, Chuuoo Sangi In atau badan yang membantu pemerintah pendudukan Jepang menyelenggarakan sidang tidak resmi pada 12 September 1944. Sidang yang dipimpin oleh Presiden ke-1 RI Soekarno ini membahas aturan penggunaan bendera dan lagu kebangsaan.

Panitia bendera kebangsaan dipimpin oleh Ki Hajar Dewantara. Anggotanya terdiri dari Puradireja, Dr. Poerbatjaraka, Prof. Dr. Hoesein Djajadiningrat, Mr. Moh. Yamin, dr. Radjiman Wedyodiningrat, Sanusi Pane, KH. Mas Mansyur, PA Soerjadiningrat, dan Prof. Dr. Soepomo.

Mereka menetapkan warna merah dan putih sebagai bendera kebangsaan. Merah dimaknai sebagai berani dan putih berarti suci.

Selain Indonesia, ternyata ada beberapa negara yang juga menggunakan merah putih sebagai warna benderanya. Apa saja negara tersebut? Dikutip dari World Population Review, Britannica dan Flag Color Codes, berikut ulasannya.

5 Negara yang Benderanya Berwarna Merah dan Putih:

1. Monako

Sama seperti Indonesia, bendera Monako juga berwarna merah dan putih. Negara yang terletak di Eropa Barat itu resmi mengibarkan benderanya pada 4 April tahun 1881. Bendera nasional Monako juga dikibarkan di gedung PBB untuk mewakili Monako.

Bendera negara ini menjadi yang paling mirip dengan Indonesia, sebab bentuk, warna, hingga desain benderanya sama persis. Hanya saja, yang membedakannya adalah rasio ukurannya. Ukuran bendera Indonesia memiliki rasio 2:3, sementara itu Monako menggunakan rasio 4:5.

2. Polandia

Negara selanjutnya dengan warna bendera merah putih adalah Polandia. Negara ini meresmikan benderanya pada 1 Agustus tahun 1919. Meski menggunakan warna yang sama, tata letak warna pada bendera Polandia berbeda dengan Indonesia.

Bagian atas diletakkan warna putih, sedangkan bawahnya warna merah. Yang artinya, berkebalikan dengan bendera Indonesia.

3. Austria

Austria juga menggunakan warna merah dan putih untuk benderanya. Hanya saja, jika bendera Indonesia terdiri dari dua garis horizontal, bendera Austria memiliki tiga garis horizontal warna merah, putih, dan merah lagi.

Bendera triwarna milik Austria diresmikan pada tahun 1918. Warna dari bendera ini memiliki makna kekuatan, keberanian, kedamaian, dan kejujuran.

4. Greenland

Selanjutnya ada bendera dari Greenland. Bendera ini menggunakan konsep dwiwarna horizontal putih merah dengan sebuah lingkaran di sebelah tiang bendera.

Lingkaran atasnya berwarna merah, sedangkan lingkaran bagian bawah berwarna putih. Negara yang terletak di Benua Amerika bagian utara itu meresmikan benderanya pada 21 Juni 1985.

5. Singapura

Negara Singapura memiliki desain bendera yang mirip dengan Indonesia. Hanya saja terdapat gambar bulan sabit dan lima bintang warna putih di bendera bagian atas.

Kelima bintang tersebut melambangkan 5 prinsip Singapura, yaitu demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan, dan kesaksamaan.

Nah, itulah 5 negara yang memiliki warna bendera merah putih. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Klangon Merapi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia