Penelitian Ini Ungkap Seseorang Kaya atau Tidak, Hanya Lewat Foto Wajah

Penelitian Ini Ungkap Seseorang Kaya atau Tidak, Hanya Lewat Foto Wajah

Devi Setya - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 13:00 WIB
ilustrasi wajah
Ilustrasi foto wajah Foto: Getty Images/iStockphoto/g-stockstudio
Jakarta -

Kebanyakan orang melihat status sosial seseorang dari penampilannya. Tapi sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Toronto mengungkap bahwa orang yang kaya atau tidak, dapat dilihat dari foto wajah tanpa ekspresi.

Puluhan foto wajah orang tanpa ekspresi menjadi media penelitian yang dilakukan oleh Nicholas Rule dan Thora Bjornsdottir. Hasil penelitian dari ahli psikologi di Universitas Toronto ini kemudian dimuat dalam Journal of Personality and Social Psychology.

Dilansir dari Neuro Science (24/10/2022), Nicholas Rule dan Thora Bjornsdottir mencoba mencari tahu, apakah orang bisa menentukan status sosial seseorang hanya dengan melihat foto wajah. Status orang yang kaya atau tidak bahkan bisa dibedakan hanya dengan melihat foto wajah tanpa ekspresi.

Cara Menilai Status Sosial Lewat Foto Wajah

Nicholas Rule dan Thora Bjornsdottir mengumpulkan puluhan orang dengan status sosial berbeda. Mereka datang dari kalangan menengah ke atas dan juga dari kalangan bawah.

Setidaknya ada 80 pria dan 80 wanita dari berbagai kelas sosial. Semuanya menjalani proses pemotretan yang mengharuskan mereka memasang wajah netral tanpa ekspresi apapun.

Foto ini kemudian dicetak dalam format hitam putih. Dari total 160 foto wajah ini kemudian dilakukan penilaian lebih lanjut oleh para responden yang diminta menunjuk siapa orang yang kaya dan siapa yang tidak kaya.

"Ini menunjukkan bahwa sesuatu yang halus seperti sinyal di wajah Anda dapat membedakan kelas sosial," kata Bjornsdottir.

"Kesan pertama itu bisa menjadi semacam pandangan dan penilaian yang datang dengan spontan," imbuhnya.

Hasil Penelitian

Dari hasil penelitian ini, sebanyak 68% responden menjawab dengan benar. Artinya, orang kaya atau tidak ternyata bisa dilihat dari foto wajah meskipun tanpa ekspresi.

"Kalau ditanya bagaimana caranya, mereka tidak tahu. Mereka tidak menyadari bagaimana mereka bisa menebak dengan benar," kata Bjornsdottir dikutip dari CNBC, Senin (24/10/2022).

Tak hanya sampai di situ, penelitian lanjutan pun dilakukan dengan cara memperbesar foto wajah. Para responden pun masih mampu menjawab dengan benar terkait status sosial seseorang meskipun hanya melihat foto bagian mata atau mulutnya.

Hasil penelitian ini juga mengungkap status sosial seseorang bisa dilihat dari wajahnya tanpa terpengaruh ras atau jenis kelamin. Semua hasil penilaian murni dengan apa yang dilihat dari perilaku nonverbal.

Pola Emosi Seseorang Tergambar di Wajah

Dari studi ini, para peneliti menyimpulkan hal tersebut kemungkinan terjadi karena pola emosi dapat terlihat di wajah seseorang.

Kontraksi otot-otot tertentu dapat menyebabkan perubahan struktur wajah yang dapat dilihat dan kemudian dinilai oleh orang lain.

"Seiring waktu, wajah Anda secara permanen mencerminkan dan mengungkapkan perasaan yang dialami. Bahkan ketika kita berpikir kita tidak menunjukkan ekspresi, ekspresi itu tetap tergambar di wajah," ujar Nicholas O. Rule.

Bagi orang yang masuk kategori kaya, umumnya memiliki raut wajah bahagia. Berbeda dengan orang-orang dari kalangan bawah. Hal ini turut berperan dalam menentukan gambaran wajah meskipun tanpa ekspresi.



Simak Video "Jokowi Bicara Soal Rambut Putih Lagi di Pertemuan Tahunan BI"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia