Ada Daerah Bernama Ngawi di Selandia Baru, Bukan Cuma Jawa Timur!

Ada Daerah Bernama Ngawi di Selandia Baru, Bukan Cuma Jawa Timur!

Nikita Rosa - detikEdu
Minggu, 23 Okt 2022 07:00 WIB
Wellington, New Zealand - January 13, 2016: Fishing Boats at Ngawi, Wellington, New Zealand
Desa Ngawi di Selandia Baru. (Foto: Getty Images/MollyNZ)
Jakarta -

Jika mendengar nama Ngawi, kemungkinan detikers akan teringat dengan salah satu daerah di Jawa Timur. Ternyata ada lho daerah Ngawi di luar negeri, seperti apa?

Berbeda dengan Ngawi di Indonesia Kota Kripik Tempe, maka Ngawi di Selandia Baru dikenal sebagai desa nelayan. Menurut NZHistory, Ngawi (Na-Wee) merupakan kata dari bahasa Maori, bahasa warga asli Selandia Baru. Kata Ngawi memiliki arti the native tussock grass dalam bahasa Inggris atau rumput tandan dalam bahasa Indonesia.

Terletak di bagian utara Selandia Baru, wilayah yang dekat dari Tanjung Palliser ini hanya ini sangat jauh dari keramaian kota. Menurut situs Adelaide Now, Desa Ngawi tidak memiliki toko atau tempat rekreasi. Hanya ada tebing batu terjal dengan pantai yang tertutup traktor atau buldoser.

Wilayah dengan Traktor Terbanyak di Dunia

Tanpa adanya pelabuhan, perahu-perahu di Ngawi ditarik maupun didorong ke arah lautan dengan traktor. Itulah sebabnya banyak sekali traktor di Ngawi.

Menurut Ensiklopedia Selandia Baru, Ngawi adalah wilayah dengan traktor terbanyak di dunia. Uniknya, traktor-traktor di wilayah Ngawi berwarna cerah. Bahkan beberapa ada yang diberi nama menggemaskan seperti Tinky Winky merujuk pada tokoh serial anak Teletubbies dan babe (sayang).

Cocok untuk Pecinta Burung

Alam terbuka di Ngawi membuat burung banyak berlalu-lalang. Dalam booklet Birds of Wairarapa and Where To Find Them oleh Tennick Dennison dkk, wisatawan bisa melihat burung-burung di Ngawi dengan teleskop Royal Albatross.

Sejumlah nelayan Ngawi juga berbaik hati mengadakan tur untuk mengamati burung. Adapun jenis burung yang dapat ditemukan di Ngawi adalah:

  • Camar berpunggung hitam (Black Backed Gull)
  • Camar paruh merah (Red Billed Gull)
  • Tern kaspia (Caspian Tern)
  • Tern berwajah putih (White Fronted Tem)
  • Shag hitam (Black Shag)
  • Cerek bersayap pacu (Spur-winged Plover)
  • Dotterel berpita (Banded Dotterel)
  • Panggang Panggang (Pied Stilt)
  • Pipit
  • Skylark

Selain burung, kamu juga bisa menemukan anjing laut yang berjemur di sisi pulau. Pulau Ngawi yang dulunya tempat pengolahan udang karang, kini menjadi desa nelayan dan destinasi wisata.



Simak Video "Melihat Alasan Mundurnya PM Selandia Baru dari Sisi Psikologi"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia