6 Fakta Pulau Kucing Aoshima, Populasi Manusia Kalah Jumlah!

6 Fakta Pulau Kucing Aoshima, Populasi Manusia Kalah Jumlah!

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Sabtu, 22 Okt 2022 17:00 WIB
Sebuah pulau di Jepang dikenal sebagai surganya para pecinta kucing. Pulau itu pun lebih dikenal dengan sebutan Pulau Kucing dibanding nama aslinya. Penasaran?
Pulau Aoshima, pulau surganya kucing di Jepang. (Carl Court/Getty Images)
Jakarta -

Jika umumnya sebuah pulau dihuni oleh populasi manusia, lain halnya dengan Pulau Aoshima di Jepang. Jumlah kucing di pulau ini melebihi jumlah manusia yang tinggal di sana.

Mengutip Japan Today, Pulau Aoshima disebut sebagai surganya kucing. Pulau kucing ini menjadi destinasi favorit dan paling terkenal bagi turis lokal maupun internasional.

Pulau yang terletak di Prefektur Ehime, Jepang ini dulunya tidak memiliki banyak kucing. Para kucing dibawa ke Pulau Aoshima untuk membasmi hewan pengerat di kapal penangkap ikan. Setelahnya, kucing-kucing tersebut berkembang biak dan dibiarkan menetap di sana.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta unik mengenai Pulau Aoshima. Sebuah tempat yang dianggap surga bagi para kucing.

6 Fakta Pulau Kucing Aoshima di Jepang

1. Perbandingan Manusia dan Kucing Berkisar 1:6

Populasi kucing di Pulau Aoshima 6 kali lipat lebih banyak daripada penduduk lokal. Dikutip dari Japan Web Magazine, sebanyak ratusan kucing menghuni pulau itu, sedangkan jumlah manusia yang tinggal di sana hanya 15 orang per tahun 2013.

Namun, jumlah penduduk Pulau Aoshima terus berkurang. Terbaru, per tahun 2018, jumlah penduduknya berkisar hanya 8-9 orang.

2. Dulunya Desa Nelayan

Meski disebut sebagai pulau kucing, Aoshima dulunya adalah tempat tinggal para nelayan pada pertengahan 1940-an dengan populasi sebanyak 900 orang. Hingga saat ini, hanya segelintir penduduk yang masih menetap setelah Perang Dunia II, sebagaimana disebutkan pada laman All Thats Interesting.

Para nelayan inilah yang membawa kucing-kucing ke Pulau Aoshima hingga pulau ini disebut dengan surganya kucing.

3. Tanpa Toko dan Restoran

Pulau Aoshima terletak di lepas pantai Nagahama distrik Ōzu, sebuah wilayah yang dikenal sepi. Hal ini membuat pulau tersebut tidak memiliki toko ataupun restoran yang mungkin tidak cukup ramah bagi turis yang ingin bermalam di sana. Pulau ini hanya ada kucing, kucing dan kucing.

4. Pengereman Populasi Kucing

Meski dikenal sebagai surganya kucing, penduduk mulai merasa kewalahan dengan populasi hewan berkaki empat itu yang kian melonjak. Akhirnya, Aoshima Cat Protection Society, sebuah organisasi yang bertugas merawat para kucing di pulau tersebut menginisiasi program sterilisasi untuk mengerem populasi kucing di sana.

Mengutip laman Nippon, dengan menggandeng organisasi kesejahteraan hewan yaitu Dobutsu Kikin, dilakukanlah kegiatan sterilisasi sebanyak 172 ekor dalam sehari.

5. Dihuni oleh Lansia

Penduduk yang menghuni Pulau Aoshima merupakan masyarakat usia lanjut. Mereka telah sampai di titik lelah untuk merawat ratusan kucing, sehingga Aoshima Cat Protection Society turut membantu memastikan pasokan makanan kucing di sana terjaga dan merawatnya dengan baik.

Salah seorang penduduk yang berusia 68 tahun mengaku kesulitan untuk memberi makan kucing-kucing di sana mengingat usianya yang mulai menua.

"Satu orang telah meninggalkan pulau (wafat) tahun ini, dan yang lain bersiap untuk pergi. Mengingat jumlah kami yang kecil dan usia yang semakin tua, semakin sulit untuk memberi makan semua kucing dan merawat mereka. Hal-hal saat ini berbeda dibandingkan tiga atau empat tahun yang lalu," tuturnya kepada Nippon.

6. Ada 11 Pulau Kucing di Jepang

Selain Aoshima, Jepang juga memiliki beberapa pulau kucing lainnya. Melansir dari Sora News, setidaknya ada 10 pulau kucing di Jepang selain Aoshima. Nama pulau-pulau tersebut yakni, Pulau Genkaishima, Pulau Okishima, Pulau Enoshima, Pulau Sanagishima, Pulau Muzukijima, Pulau Manabeshima, Pulau Iwaishima, Pulau Aijima, dan Pulau Aishima.

Nah, itulah informasi mengenai pulau kucing Aoshima. Tertarik untuk berkunjung detikers?



Simak Video "Mahfud Tegaskan Asing Tak Bisa Memiliki Pulau di Indonesia, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia