5 Contoh Teks Editorial beserta Strukturnya

5 Contoh Teks Editorial beserta Strukturnya

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 18 Okt 2022 11:00 WIB
Ilustrasi menulis surat pengajuan barang.
Contoh teks editorial beserta strukturnya. Foto: Amelia Bartlett/Unsplash
Jakarta -

Teks editorial adalah teks di media massa yang menyatakan pandangan media bersangkutan terhadap suatu masalah di tengah masyarakat. Teks editorial bersifat opini, tetapi harus tetap dapat dipertanggungjawabkan penulisnya dan logis.

Teks editorial dapat berupa pendapat, komentar, ulasan, esai, maupun tinjauan. Isi teks editorial dapat membela, mengkritik, memuji, mengajarkan, maupun menampilkan masalah untuk memantik pemikiran masyarakat, seperti dikutip dari Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII oleh Tim Ganesha Operation.

Struktur teks editorial terdiri dari tesis, argumentasi, dan pernyataan ulang pendapat. Tesis atau pernyataan pendapat merupakan bagian teks yang mengenalkan isu beserta pendapat penulis terhadap isu atau masalah.

Sementara itu, argumentasi merupakan pernyataan penulis teks editorial untuk memperkuat pendapatnya. Argumentasi bisa berupa pernyataan umum atau generalisasi, data hasil pernyataan, pernyataan para ahli, atau fakta yang berdasarkan referensi terpercaya.

Adapun pernyataan ulang pendapat merupakan penegasan ulang dari isu atau permasalahan yang dibahas sebelumnya.

Teks editorial ditandai dengan adanya fakta, opini, kritik, saran, keberpihakan, dan usaha memengaruhi pembaca.

Contoh Teks Editorial tentang Bencana dan Strukturnya

Antisipasi Bencana

  • Tesis

Peringatan dini dan antisipasi terhadap bencana di Indonesia masih belum maksimal. Indonesia pun kembali berduka. Bencana tanah longsor yang melanda Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat lalu telah menewaskan puluhan orang.

  • Argumentasi

Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), musibah tanah longsor telah menyebabkan jumlah kematian korban paling besar dibandingkan dengan bencana lain. Longsor adalah kejadian terpola yang dapat dikenali masyarakat awam sekalipun.

Masalahnya, sejauh mana peringatan dini bencana longsor ini disampaikan pemerintah atau instansi terkait pada masyarakat yang tinggal di desa-desa? Andaikan alarm peringatan dini itu menyala sepanjang waktu, tentu warga yang sedang tertidur lelap dapat tahu lebih dini sehingga menghindari daerah yang rawan longsor. Namun, bencana sering datang tiba-tiba.

  • Penegasan

Kita berharap masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor selalu waspada, terutama saat musim hujan. Langkah jangka pendek ini harus dilaksanakan.

Sementara itu, langkah jangka panjangnya, BNPB dan kementerian terkait bersama pemerintah daerah harus proaktif menyadarkan masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan. Masyarakat juga perlu dirangkul untuk tidak merusak ekosistem, menggunduli hutan, atau membuka lahan pertanian di wilayah hutan lindung dan sebagainya.

Sumber: Sindonews dengan pengubahan dalam Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII oleh Tim Ganesha Operation.

Contoh Teks Editorial tentang Ekonomi

  • Tesis

Setelah mencatat pertumbuhan ekonomi 5 persen sepanjang 2017, Indonesia disebut-sebut bakal menghadapi masa-masa sulit pada tahun depan. Setidaknya, ada dua hal yang dianggap menghantui situasi ekonomi 2018.

  • Argumentasi

Pertama, 2018 adalah tahun politik karena pesta demokrasi digelar serentak pada 27 Juni di 17 provinsi dan 153 kota/kabupaten. Situasi politik bakal memanas dan dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan ekonomi. Investor akan wait and see, menunggu keamanan dan risiko yang lain terkait investasi yang ditanam.

Kedua, ada kekhawatiran terjadi siklus krisis 10 tahunan setelah resesi melumpuhkan sebagian besar dunia pada 1998 dan krisis ekonomi 2008. Dunia pada 2018 pun dikhawatirkan akan jatuh pada krisis besar.

  • Penegasan

Pemilu memang dapat menyumbang pertumbuhan ekonomi jika suasananya kondusif. Banyak ekonom berpendapat bahwa kondisi Indonesia saat ini sudah jauh membaik jika dibandingkan dengan ketika krisis 1998 dan 2008.

Namun, seorang ekonom mengingatkan bahwa posisi ekonomi dan kondisi keuangan global tetap berpengaruh terhadap ekonomi 2018. Karena itu, menurutnya, baik pelaku pasar, pengusaha masyarakat, termasuk pemerintah, harus tetap waspada akan kemungkinan terjadinya krisis ekonomi.

Sumber: Tempo.co dengan pengubahan dalam Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII oleh Tim Ganesha Operation.

Contoh Teks Editorial tentang Kapal Asing

Penenggelaman Kapal Asing

  • Tesis

Sejumlah kapal asing ditangkap oleh pihak berwenang karena melanggar teritori dalam menangkap ikan. Banyak cara bagi nelayan asing untuk masuk ke perairan wilayah Indonesia. Namun, Kementerian Kelautan dan Perikanan tampak melindungi nelayan Indonesia dengan cara menenggelamkan kapal asing.

  • Argumentasi

Terhadap cara tersebut, patut mempertimbangkan kembali peledakan hingga penenggelaman kapal asing. Pertama, pembelian bom untuk meledakkan kapal sebelum ditenggelamkan tentu perlu biaya. Selama kapal bisa dikuasai aparat Indonesia, pengamanan kapal saja sudah cukup tanpa perlu beli bom atau peledak.

Kedua, jika kapal masih bagus, maka dapat dimanfaatkan atau dihibahkan ke nelayan atau satuan pengamanan perbatasan. Pertimbangan ketiga, setelah diledakkan, lalu ditenggelamkan, apakah tidak akan merusak ekosistem laut?

  • Penegasan

Bukankah kita yang harus menjaga laut? Lalu, mengapa justru mengotorinya?

Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII oleh Tim Ganesha Operation.

Contoh Teks Editorial Explanatory tentang Kemacetan

Kerugian Akibat Kemacetan Transportasi

  • Tesis

Kemacetan di jalan raya di Bali sepertinya sudah jadi buah bibir di masyarakat. Sebagian memandangnya dengan pasrah, sebagian lagi secara tegas menyebutkan bahwa kemacetan lalu lintas itu adalah kegagalan perencanaan yang fatal.

Pandangan ini penting direnungkan, terutama oleh pihak-pihak yang terkait dan tentu saja oleh pemerintah daerah. Lalu lintas pada hakikatnya adalah sebuah fenomena yang dapat direncanakan dengan baik.

  • Argumentasi

Coba kita lihat kenyataan berdasarkan perhitungan logis. Kapasitas perkantoran dan unit ekonomi yang ada di Bali sesungguhnya dapat dihitung secara matematis.

Artinya, berapa kapasitas individu yang memanfaatkan kawasan perkantoran di Bali setiap hari? Lalu, berapa luas dan kapasitas jalan raya?

Berdasarkan perhitungan tersebut, seharusnya target jumlah operasi kendaraan umum yang dapat mengangkut jumlah penumpang tiap hari dapat disusun. Jumlah kendaraan pun jadi dapat ditentukan dan dibatasi.

Meski perhitungan tersebut sudah dimiliki pemerintah, kita tetap menyaksikan derasnya kendaraan bermotor yang datang ke Bali. Setiap hari, kedatangan kendaraan roda dua dan roda empat di Bali terus meningkat.

Akibatnya sangat merugikan. Kendaraan yang seharusnya membawa kita lebih cepat ke tempat tujuan, justru mengakibatkan sebaliknya.

Dari sudut apa pun, kemacetan sangat merugikan. Kepusingan yang diakibatkan oleh macet sangat mengganggu secara psikologis. Konsentrasi kerja menjadi buyar sehingga hasil kerja tidak maksimal.

Macet berjam-jam di jalan tentu juga menyita waktu. Di zaman ketika waktu begitu berharga, membuang waktu di jalan adalah pemborosan dan kerugian.

  • Penegasan

Karena itu, pemerintah daerah harus segera menata ulang jalur-jalur lalu lintas di Bali. Pemikiran untuk memakai jalur laut sangat masuk akal untuk menghindari kemacetan seperti ini.

Sumber: Bali Post dengan pengubahan dalam Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII oleh Tim Ganesha Operation.

Contoh Teks Editorial Singkat tentang Ekonomi

Impor Ikan Asin

  • Tesis

Selama ini, diketahui bahwa kebutuhan pangan 250 juta penduduk Indonesia disuplai lewat impor dengan porsi 65%. Angka impor komoditas pangan tersebut seringkali disanggah pemerintah, tetapi tidak dibarengi angka impor pangan yang sesungguhnya.

Data terbaru yang cukup mengagetkan, ternyata Indonesia juga rutin mengimpor ikan asin. Sangat ironi jika dikaitkan dengan potensi negeri ini yang kaya sumber daya laut atau perikanan.

  • Argumentasi

Sebagaimana ditegaskan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Indonesia memang mengimpor ikan asin untuk beberapa jenis ikan asin yang belum bisa diproduksi di dalam negeri. Jika itu alasan pemerintah tetap membuka keran impor ikan asin, masih bisa diterima logika.

Terlepas dari persoalan importasi ikan asin tersebut, negeri ini sudah saatnya menjadi pemasok utama untuk memenuhi kebutuhan pangan dari sumber daya laut bagi masyarakat ASEAN. Thailand telah dikenal sebagai pengekspor utama ikan tuna di pasar Asia. Namun, sumber ikan tuna yang diekspor Thailand justru diduga berasal dari laut Indonesia Penangkapan ikan secara ilegal di wilayah laut Indonesia oleh kapal Thailand bukan lagi berita baru.

  • Penegasan

Jangan biarkan negara lain menikmati sumber daya laut Indonesia yang potensial ini. Sebenarnya, pengawasan laut kita tidak hanya dibebankan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Otoritas keamanan, dalam hal ini TNI Angkatan Laut juga tidak lepas tangan. Namun, mengapa sumber daya laut Indonesia masih terus dicuri para penangkap ikan ilegal dari negara lain?

Sumber: Sindonews dengan pengubahan dalam Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII oleh Tim Ganesha Operation.

Nah, setelah membaca contoh teks editorial di atas, yuk coba buat versi detikers sendiri!



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia