5 Contoh Teks Eksplanasi beserta Strukturnya

5 Contoh Teks Eksplanasi beserta Strukturnya

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 04 Okt 2022 16:00 WIB
Ilustrasi contoh gaya gesek menulis atau anak belajar
Contoh teks eksplanasi beseta strukturnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Hakase_
Jakarta -

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena, baik alam, sosial, hingga budaya. Teks eksplanasi berisi deretan fakta yang dirangkai secara kronologis atau berurutan, maupun berdasarkan hubungan sebab-akibat (kausalitas).

Struktur teks eksplanasi adalah pernyataan umum, deretan penjelasan, atau eksplanasi, dan interpretasi atau kesimpulan, seperti dikutip dari Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Tim Ganesha Operation.

Struktur Teks Eksplanasi

  • Penyataan umum, merupakan gambaran awal tentang apa yang disampaikan dalam teks. Kalimat pernyataannya bersifat umum.
  • Deretan penjelasan (eksplanasi), merupakan inti penjelasan yang disampaikan, disusun berurutan sesuai dengan sebab-akibatnya.
  • Interpretasi, berisi pandangan atau simpulan penulis yang sifatnya opsional dalam teks eksplanasi sehingga boleh ada atau tidak.

Ciri-ciri teks eksplanasi ditandai dengan memiliki kalimat penjelas pada bagian isi atau deretan penjelasan. Kalimat penjelas menunjukkan sebab-akibat lewat penggunaan kata kerja aksi seperti menyebabkan, mengakibatkan, terjadi karena, termasuk, dan karena.

Berikut contoh teks eksplanasi beserta strukturnya.

Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya tentang Air Laut

  • Pernyataan Umum

Laut adalah kumpulan air yang menghubungkan suatu benua dengan benua lain dan suatu pulau dengan pulau lain. Laut merupakan kumpulan air yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi. Mengapa air laut asin?

  • Eksplanasi

Air laut asin karena mengandung kadar garam yang tinggi. Air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya, dalam 2,5 liter (2.500 ml) air laut, terdapat 60 gram garam.

Sebetulnya, rasa asin pada laut berasal dari daratan. Pada saat terjadi hujan di daratan, air akan meresap ke dalam tanah. Air itu sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai dan akhirnya mencapai laut. Di perjalanan menuju laut, air dari daratan juga membawa garam-garam mineral.

Garam mineral terdapat dalam batuan dan tanah. Garam dari daratan yang terbawa air akhirnya berkumpul di laut sehingga laut dipenuhi garam mineral dari seluruh penjuru dunia.

Permukaan laut yang luas membuat penguapan air juga besar. Saat terjadi penguapan di laut, hanya air yang menguap. Sementara itu, garam-garam mineral tetap tinggal di laut. Ombak laut yang memukul pantai juga dapat membawa garam yang terdapat pada batuan.

  • Interpretasi

Jadi, proses mengalirnya air sambil membawa garam mineral dari daratan, penguapan air laut, dan aktivitas ombak pemecah karang yang membawa garam membuat air laut menjadi asin.

Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Tim Ganesha Operation.

Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya tentang Pilar Cahaya

  • Pernyataan Umum

Pilar cahaya merupakan fenomena alam yang terjadi di daerah sekitar kutub. Fenomena ini dapat dijelaskan dengan ilmu optik. Ilmu optik adalah ilmu yang mempelajari sifat cahaya dan hubungan cahaya dengan benda-benda lain.

  • Eksplanasi

Pilar cahaya terjadi karena bertemunya sinar dengan butiran es yang jatuh dari langit. Sinar yang menghasilkan pilar cahaya dapat berasal dari sinar matahari maupun dari sinar lampu yang kuat. Terang dan tingginya pilar bergantung pada bentuk butiran es yang memantulkannya.

Butiran es yang jatuh dari langit punya beberapa macam bentuk. Ada yang seperti bintang, pipih seperti piring, seperti silinder dan runcing. Fenomena cahaya ini tidak hanya berbentuk pilar. Bentuknya bergantung pada banyak dan bentuk susunan butiran es yang jatuh dari langit tersebut.

Warna pilar cahaya bergantung pada posisi sumber cahaya yang menyinarinya. Jika posisi matahari tinggi di atas cakrawala, pilar cahaya yang terbentuk berwarna putih atau kuning terang. Jika posisi matahari cukup rendah dekat cakrawala, warnanya dominan jingga, emas, atau merah.

Sumber: Majalah Bobo Edisi 48 Tahun XXXIX

Contoh Teks Eksplanasi beserta Strukturnya tentang Kemacetan

  • Pernyataan Umum

Kemacetan adalah keadaan tersendatnya lalu lintas. Kemacetan sering terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.

  • Eksplanasi

Kemacetan dapat terjadi karena beberapa alasan. Pertama, jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum tidak memadai atau kurang baik. Bertambahnya jumlah kendaraan pribadi tidak diimbangi dengan pemenuhan kapasitas jalan.

Kedua, kemacetan disebabkan oleh pengguna jalan yang tidak tertib. Pengendara seringkali tidak mematuhi aturan lalu lintas seperti berjalan lambat di lajur kanan atau memarkir kendaraan sembarangan. Pejalan kaki pun kadang menyeberang jalan sembarangan sehingga pengemudi memperlambat kendaraan dan mengakibatkan kemacetan.

Peristiwa yang terjadi di jalan raya juga dapat mengakibatkan kemacetan. Kejadian seperti kecelakaan, banjir, jalan longsor, tawuran antarpelajar, atau adanya perbaikan jalan, membuat pengemudi kendaraan memperlambat lajunya.

Pasar tumpah juga dapat menyebabkan kemacetan. Tempat belanja kelebihan penjual dan barang dagang dapat memakan badan jalan sehingga memicu antrean kendaraan yang akan melewati area tersebut.

  • Interpretasi

Kemacetan sebenarnya dapat dihindari jika masyarakat lebih tertib berlalu lintas dan memilih untuk menggunakan angkutan umum daripada kendaraan pribadi. Pemerintah pun sebaiknya mengatur lalu lintas dan membatasi jumlah kendaraan pribadi yang melaju.

Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Tim Ganesha Operation.

Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya tentang Hujan Asam

  • Pernyataan Umum

Hujan asam adalah hujan dengan pH air kurang dari 5,7. Kenapa hujan asam bisa terbentuk?

  • Eksplanasi

Hujan asam biasanya terjadi karena adanya peningkatan kadar asam nitrat dan sulfat dalam polusi udara. Umumnya, hal ini dipicu oleh peningkatan emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida di atmosfer.

Hujan asam tidak memiliki ciri-ciri khusus secara fisik yang membedakannya dengan hujan air biasa. Sebab, warna dan rasa air hujan asam dan hujan biasa hampir sama. Namun, hujan asam terkadang juga turun dalam bentuk hujan salju.

Penelitian tentang terbentuknya hujan asam lebih lanjut setidaknya sudah berjalan sejak abad ke-19. Saat itu di Inggris, dilaporkan bahwa hutan yang air hujannya jatuh searah lokasi sebuah pabrik mengalami kerusakan berat.

Laporan ini memicu rasa penasaran seorang ahli kimia asal Skotlandia, Robert Angus Smith, pada tahun 1852. Ia pun kelak terkenal sebagai Bapak Hujan Asam. Penelitiannya tentang polusi udara pada 1852 menemukan apa yang kemudian dikenal sebagai hujan asam.

Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Tim Ganesha Operation.

Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya tentang Rotasi Bumi

  • Pernyataan Umum

Rotasi Bumi merupakan gerakan berputar planet Bumi pada sumbunya. Bumi berputar ke arah timur, atau melawan arah jarum jam jika dilihat dari utara.

  • Eksplanasi

Perputaran Bumi pada pada sumbunya menyebabkan tiap daerah di Bumi mengalami siang dan malam. Namun, panjang siang dan malam di tiap area Bumi bisa berbeda-beda.

Selama 24 jam waktu Bumi berotasi, ada kalanya sebagian area bumi berhadapan dengan matahari. Inilah yang membuat area bumi tersebut mengalami siang hari.

Seiring dengan perputaran bumi, area yang tadinya berhadapan dengan matahari lalu berputar dan membelakangi matahari. Akibatnya, sisi bumi yang tidak lagi disinari matahari ini mengalami malam hari.

Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Tim Ganesha Operation.

Yuk detikers, coba buat contoh teks eksplanasi beserta strukturnya versimu sendiri!



Simak Video "Momen Jackson Wang Minta Belajar Bahasa Indonesia di Panggung HITC 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia