5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 05 Agu 2022 13:30 WIB
ilustrasi menulis
Contoh teks eksposisi dan strukturnya. Foto: iStock
Jakarta -

Teks eksposisi adalah teks faktual yang menampilkan satu sisi masalah lewat satu sisi argumen, yaitu mendukung atau menentang, dengan tujuan menyakinkan atau membujuk pembaca agar setuju dan melakukan sesuatu sebagaimana disampaikan penulisnya.

Contoh teks eksposisi yang bisa dijumpai sehari-hari adalah iklan, poster, slogan, pengumuman, editorial, tajuk rencana, esai, ceramah, dan pembelaan hukum, seperti dikutip dari Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif oleh Dr. Dina Ramadhanti, M.Pd. dan Diyan Permata Yanda, M.Pd.

Untuk meyakinkan pembaca, teks eksposisi didukung argumen dan alasan yang disusun dari hasil penelitian, pendapat ahli, kesaksian atau kutipan, hingga alasan sendiri yang masuk akal.

Struktur teks eksposisi terdiri dari sudut pandang penulis atau pratinjau argumen (tesis, opini, atau pendapat) , lalu bagian isi atau argumen (argumentasi) , dan ditutup dengan simpulan yang merangkum argumen dan memperkuat sudut pandang penulis (penegasan ulang).

Berikut contoh-contoh teks eksposisi dan strukturnya.

Contoh Teks Eksposisi 1 Lingkungan Sekolah

  • Judul

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

  • Tesis

Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

  • Argumentasi

Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

  • Penegasan ulang

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

Sumber: Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi 4.0 oleh Ida Widaningsih

Contoh Teks Eksposisi 2 Kemacetan

  • Judul

Pohon Tumbang Penyebab Macet

  • Tesis

Derasnya hujan disertai angin kencang membuat banyak pohon tumbang. Pohon tumbang itu kerap kali menghalangi jalan raya sehingga menimbulkan kemacetan.

  • Argumentasi

Pada Rabu, 12 Maret, hujan deras dan angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon di depan sekolah Al Azhar. Pohon besar tersebut tepatnya telah menutup jalur bus Transjakarta yang menuju Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untungnya, tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Namun, bus Transjakarta dari arah CSW menuju Bundaran Senayan terpaksa melewati jalanan umum.

  • Penegasan ulang

Ironisnya, dinas pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum kunjung tiba setelah waktu yang cukup lama. Pohon tumbang itu menghalangi jalan raya sehingga jalanan ramai oleh kendaraan-kendaraan yang saling berebut jalur dan menyebabkan kemacetan.

Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

Contoh Teks Eksposisi 3 Pelestarian Budaya

  • Judul

Pengelolaan Kekayaan Budaya

  • Tesis

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita seharusnya menjaga dan melestarikan budaya negara kita. Tujuannya agar kebudayaan kita tidak punah.

  • Argumentasi

Budaya lokal punya peranan penting dalam memperkokoh ketahanan bangsa. Pemerintah daerah dituntut untuk bergerak lebih aktif melakukan pengelolaan kekayaan budaya karena budaya tumbuh di ranah masyarakat pendukungnya.

Di samping itu, pemerintah pusat, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat sendiri juga harus berperan dalam pengelolaan kekayaan budaya. Pengelolaan budaya dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Melindungi, yaitu merawatnya agar tidak punah dan rusak.
2. Mengembangkan, yaitu meneliti dan membuat laporan kajian.
3. Memanfaatkan, yaitu melakukan kegiatan festival dan penyebaran informasi.
4. Mendokumentasikan, yaitu membuat tulisan yang dilengkapi dengan foto dan dokumen audiovisual.

  • Penegasan ulang

Pengelolaan kekayaan budaya sebetulnya merupakan cara kita memahami, melindungi, dan melestarikan budaya agar tidak punah dan dapat memperkokoh ketahanan bangsa.


Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

Contoh Teks Eksposisi 4 Globalisasi

  • Judul

Peran dan Manfaat WTO

  • Tesis

Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah perdagangan bebas yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

  • Argumentasi

Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin bebas karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerja sama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan di Indonesia.

  • Penegasan ulang

World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antarnegara. Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan sebagai hasil perundingan yang sudah ditandatangani negara-negara anggota. Dengan menjadi anggota WTO, pertumbuhan perekonomian Indonesia akan meningkat dan terlindung dari praktik-praktik persaingan yang tidak sehat antarnegara.

Sebagai dampak globalisasi, perdagangan bebas dipandang sebagai upaya meningkatkan daya saing ekonomi. Untuk menciptakan persaingan sehat, WTO mengatur perdagangan antarnegara.


Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

Contoh Teks Eksposisi 5 Lalu Lintas

  • Judul

Menumbuhkan Kesadaran Lalu Lintas

  • Tesis dan Argumen

Usaha meningkatkan kesadaran lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pihak kepolisian. Polisi lalu lintas memang punya tugas pokok mengendalikan lalu lintas untuk mencegah dan meniadakan gangguan maupun ancaman di jalan. Harapannya, dapat tercipta keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan umum.

Namun, peningkatan pemenuhan kebutuhan masyarakat tidak seimbang dengan penyediaan fasilitator yang mendukungnya sebagai perwujudan pelayanan pemerintah pada masyarakat. Ketidakseimbangan tersebut akan menimbulkan masalah, baik berupa kemacetan, pelanggaran lalu lintas, bahkan kecelakaan lalu lintas yang kita jumpai sehari-hari.

  • Penegasan ulang

Faktor manusia punya andil besar sebagai penyebab kondisi tersebut. Peningkatan kesadaran lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pihak kepolisian sehingga tidak selalu terjadi korban jiwa akibat kelalaian pengguna jalan.

Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

Bagaimana detikers, coba berlatih membuat contoh teks eksposisi beserta strukturnya versi kamu, yuk!



Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia