Hasil Sidang Pertama PPKI 18 Agustus 1945, Ada 3 Keputusan

Hasil Sidang Pertama PPKI 18 Agustus 1945, Ada 3 Keputusan

Nikita Rosa - detikEdu
Minggu, 09 Okt 2022 10:00 WIB
Suasana ruang sidang PPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
Sidang PPKI. (Foto: Wikimedia Commons)
Jakarta -

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) adalah badan yang dibentuk Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Diresmikan pada 7 Agustus 1945, apa keputusan hasil sidang pertama PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945?

Badan yang memiliki nama lain Dokuritsu Junbi Inkai ini diketua oleh Ir. Soekarno dan diwakili oleh Mohammad Hatta. Lewat tiga persidangan, PPKI menyiapkan detik-detik kemerdekaan Indonesia.

Menurut situs Sumber Belajar Kemdikbud, sidang pertama PPKI dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945 di gedung Kesenian, Jakarta. Sidang pembukaan dilaksanakan oleh Drs. Muhammad Hatta, Ki Bagus Hadikusumo, Wahid Hasyim, Mr. Kasman Singodimejo, dan Teuku Muhammad Hasan.

Pada sidang pembukaan ini, lahir kesepakatan untuk mengubah kalimat Pembukaan UUD pada alinea keempat tentang dasar negara Pancasila pada sila pertama, yaitu "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluk-pemeluknya" menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa".

Perubahan tersebut diusulkan demi kepentingan bangsa dan negara yang beraneka ragam suku bangsa dan agama. Kalimat tersebut mencerminkan Indonesia yang menjunjung tinggi sikap toleransi.

Hasil Sidang Pertama PPKI 18 Agustus 1945

Selain pengesahan Undang-undang Dasar Negara, terdapat dua keputusan penting pada sidang pertama PPKI 18 Agustus 1945, yaitu:

1. Mengesahkan Undang-Undang Dasar Negara
2. Mengangkat Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Muhammad Hatta sebagai Wakil Presiden
3. Presiden untuk sementara waktu akan dibantu oleh sebuah Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sampai dibentuknya MPR/DPR

Undang-undang dasar negara yang ditetapkan oleh PPKI mencakup Pembukaan, Batang Tubuh, dan Penjelasan. Di dalam UUD yang disahkan oleh PPKI, terdapat rumusan Pancasila sebagai dasar negara, tepatnya pada Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

Rumusan Pancasila yang terdapat pada alinea keempat Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945.



Simak Video "Kota Tua, Liburan Seru di Salah Satu Ikon Ibu Kota, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia