Kenapa Hari Kesaktian Pancasila Diperingati Tanggal 1 Oktober?

Kenapa Hari Kesaktian Pancasila Diperingati Tanggal 1 Oktober?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 30 Sep 2022 12:30 WIB
Hari Kesaktian Pancasila 2021: Tema dan Pedoman Upacara
Kenapa Hari Kesaktian Pancasila diperingati? Berikut penjelasannya. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila sejak September 1967.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153Tahun 1967. Sementara itu, Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Kenapa Hari Kesaktian Pancasila Diperingati?

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 153 Tahun 1967. Keppres ini ditetapkan di oleh Pejabat Presiden Republik Indonesia Jenderal TNI Soeharto.

Berdasarkan Keppres No. 153 Tahun 1967, Hari Kesaktian Pancasila diperingati dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Bahwa berkat kewaspadaan dan daya juang seluruh rakyat Indonesia, pengkhianatan G30S PKI yang akan menghancurkan Pancasila dapat ditumpas dan digagalkan.
  2. Bahwa Hari 1 Oktober dengan demikian memilliki ciri dan corak yang khusus, sebagai suatu hari untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia.
  3. Bahwa dipandang perlu meningkatkan Surat Keputusan Menteri Panglima Angkatan Darat No.Kep.977/9/1966 tanggal 17 September 1966 dan Surat Menteri Utama Bidang Pertahanan Keamanan No.Kep./B134/1966 tanggal 29 September 1966 menjadi Keputusan Presiden yang menetapkan Hari 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya, Surat Keputusan Menteri Panglima Angkatan Darat No.Kep.977/9/1966 tanggal 17 September 1966 menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang harus diperingati Angkatan Darat.

Sementara itu, Surat Menteri Utama Bidang Pertahanan Keamanan No.Kep./B134/1966 tanggal 29 September 1966 memutuskan bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh slagorde Angkatan Bersenjata, seperti dikutip dari Menguak Misteri Sejarah oleh Asvi Warman Adam.

Dikutip dari Pendidikan Kewarganegaraan: Mendidik Geneasi Milenial yang Berwawasan Kebangsaan oleh Mali Benyamin Mikhael dkk.,di era Presiden Soeharto selalu diperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober untuk mengenang pahlawan revolusi korban G30S.

Lebih lanjut, Pancasila yang tetap menjadi dasar negara setelah mengalami berbagai kejadian, termasuk G30, kemudian disebut tidak tergantikan. Karena itu, 1 Oktober dijadikan sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila, seperti dikutip dari Buku Ajar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi oleh I Made Bagus Adi Purnomo, M.Pd.



Simak Video "Momen Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia