Potong Kuku Hari Kamis Menurut Islam, Sunnah Apa Bukan?

Potong Kuku Hari Kamis Menurut Islam, Sunnah Apa Bukan?

Kristina - detikEdu
Kamis, 29 Sep 2022 16:00 WIB
Nail technician clipping customers nails at the nail salon
Ilustrasi memotong kuku pada hari Kamis menurut Islam. Foto: iStock
Jakarta -

Para ulama bersepakat bahwa memotong kuku hukumnya sunnah. Dalam hal ini, ada suatu pendapat yang menyatakan untuk memotong kuku pada hari Kamis.

Sunnah memotong kuku mengacu pada sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang menerangkan bahwa memotong kuku termasuk satu dari lima sunnah fitrah.

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ

Artinya: "(Sunnah) fitrah ada lima, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku." (HR Bukhari dan Muslim).

Adapun, batas waktu memotong kuku adalah 40 hari. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA.

وُقِّتَ لَنَا فِي قَصِّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمِ الْأَظْفَارِ وَنَتْفِ الْإِبِطِ وَحَلْقِ الْعَانَةِ أَنْ لَا نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

Artinya: "Diberikan waktu bagi kami untuk mencukur kumis, bulu ketiak, memotong kuku, dan mencukur bulu kemaluan tidak lebih dari empat puluh hari." (HR Muslim).

Pandangan Islam terkait Memotong Kuku Hari Kamis

Menurut Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi dalam Al-Fiqh 'Ala Al-Madzahib Al-Arba'ah, memotong kuku pada hari Kamis adalah sunnah bagi yang sedang tidak ihram. Kesunnahan ini sama halnya dengan dua hari lainnya, Jumat dan Senin.

"Memotong kuku yang panjang pada hari Jumat adalah sunnah bagi yang sedang tidak ihram. Begitu pula hari Kamis dan Senin," terangnya.

Pendapat serupa juga dijelaskan Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Kitab Fathul Mu'in sebagaimana diterjemahkan oleh Bahrudin Fuad. Menurutnya, sunnah memotong kuku dilakukan pada hari Kamis atau hari Jumat pagi.

Sementara itu, seorang pakar hadits dan murid dari Imam Ibnu Hajar rahimahullah, Imam as Sakhawi, dalam Kitab al Maqashid al Hasanah mengatakan, "Tidak ada yang sahih sedikit pun dari Nabi SAW tentang cara menggunting kuku pada hari tertentu."

Meski demikian, sebagian imam salaf lebih menyukai memotong kuku pada hari Jumat. Imam an-Nawawi mengatakannya dalam Kitab al Majmu Syarh al Muhadzdzab.

Selain itu, hari Jumat dianggap sebagai hari raya pekanan umat Islam dan sayyidul ayyam (penghulu hari).

Cara Memotong Kuku Menurut Mazhab Syafi'i

Menurut ulama mazhab Syafi'i, cara memotong kuku yang terbaik dimulai dari ibu jari telunjuk tangan kanan sampai kelingking, lalu ibu jarinya. Kemudian, dilanjutkan ke kelingking kanan tangan kiri sampai ibu jarinya.

Sementara itu, untuk kaki, cara memotong kuku dapat diawali dengan jari kelingking kanan sampai kelingking kiri secara berturut-turut. Demikian sebagaimana dijelaskan Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi dalam kitab fikihnya.



Simak Video "Kasus PMK di Indonesia Menurun, Satgas Imbau Tetap Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia