Memakai Minyak Wangi Termasuk Sunnah, Ini Haditsnya

Memakai Minyak Wangi Termasuk Sunnah, Ini Haditsnya

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 16 Sep 2022 14:00 WIB
parfum
Ilustrasi parfum Foto: iStock
Jakarta -

Menggunakan wewangian bisa dilakukan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan ketika sholat juga Rasulullah SAW menganjurkan memakai minyak wangi.

Selain membuat tubuh terasa harum, menggunakan minyak wangi juga dianjurkan Rasulullah SAW. Meskipun keringat Rasulullah SAW wangi, namun Beliau tetap menggunakan wewangian.

Anjuran menggunakan minyak wangi ini terdapat dalam salah satu hadits yang diriwayatkan Anas:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُبِّبَ إِلَيَّ مِنْ الدُّنْيَا النِّسَاءُ وَالطِّيبُ وَجُعِلَ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلَاةِ

Artinya: Diriwayatkan dari Anas, ia berkata, Rasulullah bersabda: Di dunia ini aku menyukai wanita dan parfum, sedangkan shalat adalah penentram hatiku. (An-Nasa'i).

Dikutip dari laman NU Online, Rasulullah SAW disebutkan sebagai sosok manusia yang sempurna. Selain memiliki paras dan fisik yang elok, Rasulullah SAW juga dianugerahi aroma tubuh yang harum.

Kendati memiliki aroma tubuh yang harum, Rasulullah SAW tetap senang menggunakan minyak wangi. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits:


عَنْ ثَابِتٍ قَالَ أَنَسٌ مَا شَمَمْتُ عَنْبَرًا قَطُّ وَلَا مِسْكًا وَلَا شَيْئًا أَطْيَبَ مِنْ رِيحِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَا مَسِسْتُ شَيْئًا قَطُّ دِيبَاجًا وَلَا حَرِيرًا أَلْيَنَ مَسًّا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ


Artinya: Diriwayatkan dari Tsabit, Anas berkata tidak pernah aku mencium aroma parfum ambar, misik, dan parfum yang lebih harum daripada keringat Nabi. Dan aku tidak pernah menyentuh sutra yang lebih lembut daripada menyentuh Rasulullah. (HR. Muslim).

Dengan mengenakan pakaian bersih dan membubuhkan aroma minyak wangi ini, Rasulullah SAW ingin mencontohkan agar umatnya senantiasa berpenampilan bersih dan wangi.

Dikutip dari buku Lebih dari 1000 Amalan Sunnah dalam Sehari Semalam oleh Khalid Husaynan dijelaskan, bahwa Rasulullah SAW senantiasa bersiwak dan menghindari bau yang tidak sedap ketika hendak pergi ke tempat sholat.

Sebagai umat muslim hendaknya selalu menjaga kebersihan dan memperhatikan penampilan. Bagi laki-laki, hendaklah memakai minyak wangi yang baik dan memiliki wangi yang jelas (maskulin).

Diriwayatkan dari Aisyah RA, berkata:

"Aku memakaikan Rasulullah SAW dengan minyak wangi terbaik yang Beliau dapati, sehingga aku dapatkan bekas wangi di rambut dan jenggotnya," (HR. Bukhari).

Memakai minyak wangi di hari Jumat

Sunnah memakai minyak wangi juga berlaku ketika memasuki hari Jumat. Bagi umat muslim, hari Jumat adalah hari raya dan merupakan hari yang spesial.

Ketika memasuki hari Jumat, umat Islam dianjurkan membersihkan diri dan memakai wewangian:


عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ هَذَا يَوْمُ عِيدٍ جَعَلَهُ اللَّهُ لِلْمُسْلِمِينَ فَمَنْ جَاءَ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ وَإِنْ كَانَ طِيبٌ فَلْيَمَسَّ مِنْهُ وَعَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ


Artinya: Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak). (HR Ibnu Majah).

Dapat disimpulkan bahwa menggunakan minyak wangi merupakan contoh Rasulullah SAW yang bisa ditiru umatnya. Dengan berpakaian bersih serta wangi, akan memberi kesan bersih, suci, dan nyaman bagi diri sendiri maupun orang di sekitar.

Karena merupakan anjuran Rasulullah SAW, menggunakan minyak wangi juga dapat menjadi ladang pahala. Selain itu, dengan tubuh yang wangi pula orang lain akan merasa senang ketika berada di dekat kita.

Meskipun menjadi anjuran Rasulullah SAW, jenis minyak wangi yang dipakai sebaiknya yang memiliki aroma lembut dan tidak berlebihan. Biasanya minyak wangi yang dipakai yakni kasturi.



Simak Video "KuTips: Rahasia Wangi Parfum Awet Seharian, Coba Deh!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia