Ternyata Ini Lho Fungsi Lengan Kecil pada Dinosaurus T-Rex

Ternyata Ini Lho Fungsi Lengan Kecil pada Dinosaurus T-Rex

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Selasa, 27 Sep 2022 07:30 WIB
NEW YORK, NEW YORK - JULY 05: An art handler holds a copy of Virginia’s Official Ratification of the United States Constitution at Sothebys on July 05, 2022 in New York City. The text served as a precursor and direct influence on the United States Bill of Rights. It will be auctioned on July 21. (Photo by Alexi Rosenfeld/Getty Images)
Kerangka dinosaurus. Foto: Getty Images/Alexi Rosenfeld
Jakarta -

Tyrannosaurus rex atau t-rex merupakan salah satu jenis dinosaurus yang hidup jutaan tahun lalu. Fosil dari predator yang hidup di Amerika Utara itu ditemukan lebih dari satu abad yang lalu.

Di samping memiliki gigi yang tajam, tubuh yang tinggi dan besar, t-rex juga memiliki lengan yang kecil. Banyak pertanyaan yang muncul mengenai fungsi dari lengan tersebut.

Jika giginya berguna untuk menerkam dan mencabik mangsa, lalu bagaimana dengan lengannya yang kecil? Apa fungsi sebenarnya?

Fungsi Lengan Kecil pada T-Rex

Melansir dari laman University of California, peneliti paleontologi, Kevin Padian mengatakan bahwa lengan t-rex yang kecil berfungsi mencegahnya tergigit ketika sekumpulan t-rex memakan mangsanya secara bersamaan. Terlebih, gigi t-rex sangatlah tajam dan kuat.

"Bagaimana jika sekelompok t-rex dewasa berkumpul di bangkai untuk makan? Maka akan ada banyak t-rex dengan gigi dan rahang yang kuat, mengunyah serta merobek daging dan tulang," ungkapnya.

Padian memaparkan, pendahulu t-rex memiliki lengan yang lebih panjang, itulah alasan mengapa mereka menjadi kurang baik dalam ukuran maupun mobilitas sendi.

Walaupun begitu, Padian mengungkapkan bahwa apa yang ia jelaskan belum teruji. Belum ada penelitian mengenai fungsi lengan kecil pada t-rex.

"Tidak ada hipotesis yang menjelaskan mengapa lengan t-rex bisa menjadi lebih kecil," jelasnya.

Padian mengakui hipotesis apapun, termasuk hipotesisnya akan sulit dibuktikan. Terlebih t-rex telah punah puluhan juta tahun lalu.

Memudahkan Memotong Mangsanya

Steven Stanley, ahli Paleontologi dari University of Hawaii di Manoa, turut memberikan penjelasan terkait fungsi lengan kecil t-rex.

Pada laman History, Stanley menjelaskan bahwa lengan t-rex berfungsi untuk memotong mangsanya. Lengan kecil itu memiliki cakar berbentuk bulan sabit yang dapat digunakan untuk melukai mangsanya.

Lengannya yang kecil memudahkan t-rex mencabik mangsanya mengingat ukuran kepalanya yang cukup besar.

"Kaki depannya yang pendek, kuat, dan cakarnya yang besar akan memungkinkan t-rex untuk melukai punggung mangsanya atau mencengkramnya menggunakan rahang. Sehingga akan menimbulkan empat luka sepanjang satu meter atau lebih panjang dalam hitungan detik," terang Stanley.

Lengan Kecil T-Rex Dianggap Sebagai Senjata Berbahaya

Seorang ahli tyrannosaurus dari University of Maryland mengatakan bahwa lengan t-rex dapat menjadi alat atau senjata yang berbahaya.

Namun, kemungkinan besar t-rex akan menggunakan rahang atau giginya untuk mencabik mangsa ketimbang lengannya.

Sebab, rahang dan gigi t-rex jadi senjata terkuat predator yang hidup jutaan tahun lalu itu.



Simak Video "Tengkorak T-Rex Ini Dilelang US$ 15 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia