3 Amalan Bulan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

3 Amalan Bulan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kristina - detikEdu
Senin, 26 Sep 2022 17:45 WIB
side of asian young beautiful muslim woman pray with beads and read quran sit on carpet mat with meditation in mosque.
Ilustrasi amalan di bulan Rabiul Awal, bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4
Jakarta -

1 Rabiul Awal 1444 H jatuh pada Selasa, 27 September 2022. Menjelang datangnya bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut, ada sejumlah amalan yang bisa dikerjakan umat Islam.

Bulan Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Hijriah, tepatnya setelah bulan Safar dan sebelum Rabiul Akhir. Rabiul Awal menjadi salah satu bulan yang dimuliakan umat Islam karena bertepatan dengan sejumlah peristiwa penting.

Di antaranya kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul Awal, hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah, dan dibangunnya masjid pertama di dunia pada 8 Rabiul Awal 1 Hijriah.

Selain itu, menurut sejumlah riwayat, Rasulullah SAW mendirikan sholat Jumat pertama kalinya di bulan Rabiul Awal tahun pertama Hijriah ketika dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Menurut Abdillah F. Hasan dalam buku 200 Amalan Ringan Berpahala Istimewa, hal tersebut dilakukan sesampainya beliau di tempat kabilah Bani Salim bin Auf di wilayah Quba.

Amalan Bulan Rabiul Awal

Berikut sejumlah amalan yang bisa dikerjakan pada bulan Rabiul Awal, bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

1. Memperbanyak Sholawat

Mengutip buku Menggapai Berkah di Bulan-bulan Hijriah karya Siti Zamratus Sa'adah, amalan yang dianjurkan bagi setiap muslim di bulan Rabiul Awal adalah memperbanyak sholawat atas Nabi Muhammad SAW.

Adapaun sholawat yang paling utama dan baik untuk dibiasakan adalah sholawat Al-Ibrahimiyah:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad kama shallaita 'ala ibrahim wa 'ala ali ibrahim wa baarik 'ala muhammad wa 'ala ali muhammad kama baarakta 'ala ibrahim wa 'ala ali ibrahim fil 'alamiina innaka hamiidun majiid

"Ya Allah, berikanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarganya sebagaimana engkau telah memberi sholawat kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya dan berilah keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarganya, sebagaimana engkau telah memberi keberkahan kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Maha terpuji dan Yang Mulia." (Al-Bukhari, Ash-Shahih (4/146)).

2. Mengingat dan Mendengar Kisah Kelahiran Rasulullah SAW

Amalan lainnya yang dapat dikerjakan di bulan Rabiul Awal adalah mengingat dan mendengar kisah kelahiran Rasulullah SAW. Masih disebutkan dalam sumber yang sama, peristiwa Maulid Nabi ini menjadi salah satu momentum baik untuk menunjukkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW beserta ungkapan syukur atas kelahiran beliau sebagai pembawa rahmat seluruh alam.

Allah SWT berfirman:

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ ١٠٧

Artinya: "Kami tidak mengutus engkau (Nabi Muhammad), kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam." (QS Al Anbiya: 107)

3. Mengerjakan Berbagai Amal Kebaikan Lainnya

Rabiul Awal adalah bulan untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Dalam berita detikHikmah sebelumnya, pada bulan tersebut, Abu Lahab memerdekakan seorang budak bernama Tsuwaibah saking gembiranya mendengar kelahiran keponakannya, Nabi Muhammad SAW.

Amalan kebaikan lainnya yang bisa dikerjakan pada bulan Rabiul Awal antara lain membaca Al-Qur'an, memperbanyak sedekah, memperbanyak zikir, dan mengerjakan puasa sunnah.



Simak Video "Jual Parsel Buah-buahan, Pedagang Lumajang Raih Untung 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia