Jakarta Masuk 20 Kota dengan Gaya Hidup Sehat, Kalahkan Tokyo dan London?

Devi Setya - detikEdu
Kamis, 22 Sep 2022 19:00 WIB
Kota dengan Gaya Hidup Sehat
Potret Monas sebagai ikon Jakarta Foto: Getty Images/iStockphoto/NicolasMcComber
Jakarta -

Sebuah studi yang dilakukan oleh YouGov menghasilkan data untuk 44 kota dengan gaya hidup sehat di dunia. Masuk dalam 20 urutan teratas, ibu kota Indonesia ini bahkan mengalahkan Tokyo, Paris hingga London yang memiliki peringkat jauh di bawah Jakarta.

Dilansir dari Lenstore, lembaga riset YouGov yang berbasis di Inggris baru saja merilis daftar puluhan kota di dunia yang memiliki gaya hidup sehat. Ada banyak aspek yang menjadi indikator penilaian sebelum menentukan peringkat untuk kota dengan gaya hidup sehat ini.

Kurang lebih terdapat 10 aspek yang dijadikan penilaian, beberapa di antaranya tingkat polusi, kondisi lingkungan sekitar, pilihan gaya hidup, jam sinar matahari, tingkat kebahagiaan, fasilitas untuk aktivitas luar ruangan, biaya berlangganan pusat kebugaran setiap bulan, dan masih banyak lagi.

Penilaian ini ditujukan untuk 44 kota besar di seluruh dunia. Kota ini tersebar di Eropa dan juga Asia. Termasuk salah satunya adalah Jakarta.

Arti dari kota dengan gaya hidup sehat yang dimaksud oleh penelitian ini adalah kota yang memungkinkan masyarakat atau penduduknya didukung secara penuh untuk menjalani pola dan gaya hidup sehat secara menyeluruh.

Dari penilaian ini, Amsterdam menempati peringkat pertama. Selanjutnya diikuti oleh Sydney dan Vienna. Sementara Jakarta menempati peringkat ke-17. Peringkat untuk Jakarta berada tepat di bawah peringkat Madrid.

Berada di peringkat 20 besar menjadikan Jakarta patut berbangga. Pasalnya, peringkat 17 ini mengalahkan kota besar dan populer lainnya seperti Tokyo, Paris, London bahkan New York.

Hasil penilaian Jakarta

Ada beberapa indikator penilaian yang jika dilihat memang membuat Jakarta lebih unggul dibanding kota lain. Misalnya, tingkat obesitas di Jakarta terbilang rendah yakni sebesar 6,9 persen. Di Jakarta memiliki angka harapan hidup yang agak tinggi yakni selama 68,5 tahun.

Untuk indikator harga air mineral, Jakarta terbilang cukup memiliki harga murah. Rata-rata harga air mineral botol sekitar 0,21 Euro atau setara Rp 3.100.

Lain lagi dari aspek fasilitas kesehatan, Jakarta memiliki 114 aktivitas luar ruangan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Ada juga 833 tempat ruang terbuka yang dapat dikunjungi masyarakat.

Dari 10 aspek penilaian ini, Jakarta masih terbilang tinggi untuk kadar polusi. Skor polusi Jakarta berada di angka 84.39 dan termasuk kota dengan polusi tertinggi. Dibandingkan dengan Vienna yang hanya menempati skor polusi 17.33 dan Amsterdam yang memiliki skor polusi 30.93.

Amsterdam di peringkat 1

Kota dengan Gaya Hidup SehatIlustrasi salah satu sudut kota di Amsterdam Foto: Getty Images/iStockphoto/NicolasMcComber

Amsterdam menempati peringkat nomor satu untuk memimpin gaya hidup sehat di 44 kota. Amsterdam yang dikenal sebagai salah satu kota paling ramah sepeda di dunia ini memiliki lebih dari 400 fasilitas aktivitas di luar ruangan untuk masyarakat.

Amsterdam yang tak lain adalah ibu kota Belanda ini memang memiliki berbagai keunggulan. Tak heran kalau Negeri Kincir Angin ini juga menempati peringkat ke-5 sebagai negara dengan masyarakat paling bahagia di dunia.

Daftar 20 kota dengan gaya hidup sehat

Berikut deretan 20 kota dengan gaya hidup sehat di dunia:

1. Amsterdam
2. Sydney
3. Vienna
4. Stockholm
5. Copenhagen
6. Helsinki
7. Fukuoka
8. Berlin
9. Barcelona
10. Vancouver
11. Melbourne
12. Beijing
13. Bangkok
14. Buenos Aires
15. Toronto
16. Madrid
17. Jakarta
18. Seoul
19. Frankfurt
20. Geneva

Itulah deretan kota dengan gaya hidup sehat di dunia versi YouGov.



Simak Video "Ada Rambu Zona LEZ, Pemotor Bandel Tetap Melintasi Kawasan Kota Tua"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia