Isi Perjanjian Tordesillas dan Saragosa, serta Kisahnya

Isi Perjanjian Tordesillas dan Saragosa, serta Kisahnya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 14 Sep 2022 15:00 WIB
Deretan patung para penjelajah Portugis yang terkenal
Ilustrasi isi Perjanjian Tordesillas dan Saragosa antara Spanyol-Portugis. Foto: detik
Jakarta -

Perjanjian Tordesillas dibuat pada tahun 1494. Perjanjian ini adalah dampak dari perseteruan Spanyol dan Portugis.

Kedua bangsa tersebut sama-sama bermaksud menguasai dunia. Mengutip dari Intisari Pengetahuan Sosial Lengkap SMP oleh Eryadi, perseteruan keduanya menyebabkan Paus Yulius II turun tangan. Pada akhirnya, tercapailah kesepakatan dalam wujud Perjanjian Tordesillas.

Isi Perjanjian Tordesillas

Masih dari sumber yang sama, isi Perjanjian Tordesillas adalah pembagian dunia ke dua daerah kekuasaan yang dibatasi oleh garis Tordesillas, yang membentang dari Kutub Utara ke Selatan melalui Kepulauan Verde di barat Benua Afrika. Spanyol diberi hak berlayar dan menguasai negeri-negeri di bagian barat, sedangkan Portugis di bagian timur.

Menurut Seri IPS Sejarah: SMP Kelas VII karya Prawoto, Portugis mencari jalan baru dengan cara berlayar ke arah timur. Pelaut Portugis bernama Bartholomeus Diaz berlayar dari Lisabon melewati pantai barat Afrika dan sampai di Tanjung Harapan Baik pada 1487, yang semula bernama Tanjung Topan.

Selanjutnya, Vasco da Gama mengulangi rute Bartholomeus Diaz. Kendati begitu, sewaktu tiba di Tanjung Harapan, dia meneruskan perjalanan melalui Samudra Hindia dan Laut Arab dan mendarat di Kalikut, pantai barat India pada 1498.

Pada 1511, Alfonso de Albuquerque menguasai Malaka. Dari Malaka, Portugis pun mengirim angkatan perang yang dipimpin Antonio de Abreu ke Maluku.
Portugis membantu Ternate melawan Tidore dan setelah itu meminta hak monopoli rempah di Ternate. Permintaan ini ditolak Sultan Khairun karena akan menyebabkan harga jual rempah menjadi murah.

Pihak Sultan Khairun dan Portugis pun sepakat berdamai. Namun, ketika dia menuju benteng Portugis untuk mengadakan perjanjian, dia dibunuh.

Peristiwa tersebut menyebabkan rakyat Ternate di bawah pimpinan Sultan Baabullah menentang Portugis dan mengalahkan mereka. Portugis akhirnya terusir dari Maluku dan bertahan di Timor Timur.

Sewaktu Portugis sampai di Maluku, penguasa Spanyol memerintahkan Ferdinand Magellan dengan Kapten Juan Sebastian del Cano mencari wilayah penghasil rempah. Sebagaimana isi Perjanjian Tordesillas, Spanyol berlayar ke barat melalui Samudra Atlantik pada 10 Agustus 1519.

Sesampainya di Benua Amerika, Magellan belok ke selatan melewati selat di ujung Benua Amerika yang kemudian dinamai Selat Magellan. Dua tahun kemudian, dia tiba di Kepulauan Massava yang selanjutnya bernama Filipina.

Magellan pun membuat tugu peringatan yang menandai pulau itu sebagai milik Raja Spanyol. Hal ini menyebabkan perlawanan dari penduduk lokal dan Magellan terbunuh.

Orang-orang Spanyol meninggalkan FIlipina menuju Maluku di bawah pimpinan Sebastian del Cano. Kedatangan Spanyol ini kemudian ditentang Portugis karena dianggap melanggar Perjanjian Tordesillas.

Isi Perjanjian Saragosa

Kembali merujuk pada Intisari Pengetahuan Sosial Lengkap SMP, tahun 1512 Portugis menguasai Ternate. Namun, di waktu bersamaan Spanyol telah bersekutu dengan Tidore. Perselisihan pun terjadi.

Paus pada akhirnya kembali turun tangan menengahi keduanya melalui Perjanjian Saragosa tahun 1528. Isi Perjanjian Saragosa adalah penetapan garis Saragosa yang membagi dunia menjadi dua daerah kekuasaan yang dibatasi oleh meridian Jailolo di Irian (Papua). Oleh sebab itu, Spanyol pun harus kembali ke Filipina.

Isi Perjanjian Saragosa merupakan penyempurnaan batas di sebelah timur, yaitu di Kepulauan Jailolo, 19 derajat sebelah timur Kepulauan Maluku. Hadirnya perjanjian ini menyebabkan Spanyol meninggalkan Maluku untuk kembali ke Filipina, tetapi dengan imbalan sebanyak 350 ribu cruzados atau dukat emas dari Portugis.

Demikian isi Perjanjian Tordesillas dan Perjanjian Saragosa serta sekelumit kisahnya. Selamat belajar, detikers!



Simak Video "Ledakan Bom Surat di Kedubes Ukraina di Spanyol, 1 Pegawai Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia