7 Hewan ini Tidur dengan Mata Terbuka, Kok Bisa?

7 Hewan ini Tidur dengan Mata Terbuka, Kok Bisa?

Anisa Rizki - detikEdu
Senin, 12 Sep 2022 09:00 WIB
Penguin bermata kuning Selandia Baru
Penguin bermata kuning Selandia Baru. Penguin merupakan salah satu hewan yang bisa tidur dengan mata terbuka. Foto: CNN
Jakarta -

Jika umumnya makhluk hidup tidur dengan mata tertutup, lain halnya dengan sejumlah hewan ini. Mereka bisa tidur dengan mata terbuka, lho.

Mengutip dari Untamed Animals, kondisi ini disebut dengan unihemispheric sleep, yaitu kondisi saat mereka terlelap dengan mata terbuka karena setengah bagian otaknya tertidur dan setengahnya lagi terbangun.

Meski terlelap, hewan-hewan tetap waspada akan kondisi sekitar untuk berjaga-jaga. Tertidur dengan mata terbuka merupakan hal yang umum bagi sejumlah hewan ini.

Hewan apa saja yang tidur dengan mata terbuka? Simak penjelasannya di bawah ini.

Hewan yang Tidur dengan Mata Terbuka

1. Lumba-lumba Hidung Botol

Lumba-lumba Hidung Botol atau dolphin berhasil lahir di Taman Safari Prigen, PasuruanLumba-lumba hidung botol atau dolphin berhasil lahir di Taman Safari Prigen, Pasuruan. Foto: (Muhajir Arifin/detikcom)

Lumba-lumba hidung botol tidur dengan mata terbuka untuk berjaga-jaga agar tubuhnya tidak tenggelam ketika mereka terlelap.

2. Penguin

Penguin bermata kuning Selandia BaruPenguin bermata kuning Selandia Baru. Foto: CNN

Hewan selanjutnya yang tidur dengan mata terbuka adalah penguin. Tak hanya itu, bahkan penguin juga tidur sambil berdiri. Kondisi ini memungkinkan penguin untuk melindungi anaknya dari para pemangsa ketika mereka tertidur.

3. Ular

A black racer snake  is a common garden snake in Florida. It is hanging out in a bush.Black racer snake, ular yang umum dijumpai di semak-semak taman di Florida. Foto: iStock

Kondisi unihemispheric sleep juga dialami oleh ular. Mereka tidur dengan mata terbuka karena tidak memiliki kelopak mata. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Hillarys, mata ular dilapisi oleh lapisan bening.

Lapisan bening itu berfungsi untuk melindungi mata mereka agar tidak kering.

4. Kelinci

Peternakan kelinci di Lembang.Peternakan kelinci di Lembang. Foto: Whisnu Pradana

Kelinci sering tertidur dengan mata yang terbuka. Sulit untuk mengetahui apakah ia tertidur atau tidak. Namun, untuk mengetahuinya bisa dilihat dari hidungnya yang berhenti mengendus ketika mereka terlelap.

5. Burung Unta

Mahasvin Farm di Sleman, Yogyakarta, adalah salah satu tempat penagkaran burung unta. Sepasang burung unta dijual dengan harga puluhan juta rupiah.Mahasvin Farm di Sleman, Yogyakarta, adalah salah satu tempat penagkaran burung unta. Sepasang burung unta dijual dengan harga puluhan juta rupiah. Foto: PIUS ERLANGGA

Burung unta dapat tertidur dengan mata terbuka dan tertutup. Biasanya, saat mereka tidur dengan mata yang terbuka, mereka akan terlelap sambil berdiri. Namun, matanya yang terbuka bergerak kesana kemari.

Ketika mereka tidur dengan mata tertutup, biasanya leher dari burung unta akan menunduk.

6. Kelelawar Pemakan Buah

Disebut Bisa Sembuhkan Asma, Daging Kelelawar Juga Bisa Bahayakan KesehatanKelelawar di dahan pohon. Foto: Getty Images/iStockphoto/catinsyrup

Kelelawar pemakan buah juga tidur dengan mata terbuka. Mereka tertidur dengan kondisi seperti itu untuk mengawasi pemangsa yang akan mengintai mereka.

7. Buaya

BuayaBuaya di perairan. Foto: Getty Images/BirdImages

Mengutip dari laman The Rainforest Site, buaya menjadi salah satu hewan predator yang tertidur dengan mata terbuka. Para ilmuwan belum menemukan alasan pasti mengapa mereka mengalami kondisi unihemispheric sleep, sebab buaya merupakan predator dan tidak banyak hewan buas yang memangsanya.

Nah, itulah sejumlah hewan yang tidur dengan mata terbuka. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Tidur Sore Bikin Bodoh"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia