5 Hewan Ini Tidak Bisa Merasakan Sakit, Kok Bisa?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 19 Agu 2022 19:30 WIB
Bulu Babi di Zanzibar
Foto: iStock/5 Hewan Ini Tidak Bisa Merasakan Sakit, Kok Bisa?
Jakarta -

Tahukah detikers bahwa ada hewan yang tidak bisa merasakan sakit? Tidak seperti manusia yang bisa merasakan sakit, ternyata para ilmuwan telah menemukan beberapa hewan yang tidak bisa merasakan sakit. Hewan apa saja itu?

Para ilmuwan mempercayai bahwa hewan yang tidak punya rasa sakit adalah invertebrata. Hal ini karena invertebrata tidak memiliki tulang punggung. Namun, nyatanya kesimpulan ini masih diperdebatkan sampai hari ini.

Mengutip laman layanan penyelamatan hewan Amazon, Animal Dome, berikut ini berbagai hewan yang tidak dapat merasakan sakit menurut para ilmuwan.


5 Hewan yang Tidak Bisa Merasakan Sakit:


1. Serangga

Spesies serangga di seluruh dunia mencapai 900 ribu atau setidaknya 80 persen spesies dunia diselimuti serangga.

Meskipun sebagian besar serangga dapat membahayakan manusia, namun mereka tetap memiliki peran dalam ekosistem kita. Seperti membuang kotoran kita, hewan mati, dan tumbuhan.

Serangga ini termasuk ke dalam hewan invertebrata. Artinya mereka tidak memiliki tulang punggung. Mereka memiliki sistem saraf kecil dan mereka memiliki neuron keluaran rendah.

Kurangnya output neuron dan tulang punggung pada serangga membatasi kemampuan serangga untuk merasakan sakit dan emosi lainnya.

Jadi bisa dikatakan, serangga tidak merasakan sakit meski dipukul atau diinjak. Namun, hati-hati karena serangga mungkin membela diri atau menghindari hal-hal yang dapat membunuh mereka seperti jaring laba-laba.

2. Udang

Udang juga tidak memiliki tulang punggung karena mereka adalah invertebrata, dan mereka memiliki kerangka luar yang kuat.

Udang memiliki otak, tetapi otak mereka tidak terlalu besar untuk merasakan emosi dan rasa sakit tertentu. Jadi, mereka tidak mampu merasakan sakit.

Udang memiliki refleks yang tidak menyebabkan penderitaan internal, yang berarti mereka tidak merasakan sakit. Mereka lari dari pemangsa mereka sebagai bagian dari naluri mereka.

3. Ubur-ubur

Semua jenis ubur-ubur adalah invertebrata, yang berarti mereka tidak memiliki tulang punggung.

Hewan ini memiliki sel penyengat kecil di tentakelnya untuk melumpuhkan atau melumpuhkan mangsanya, dan untuk mempertahankan diri dari pemangsa.

Semua Ubur-ubur tidak memiliki pusat saraf atau otak yang terpusat, yang berarti bahwa hewan-hewan ini tidak dapat merasakan sakit.

4. Teripang

Teripang atau timun laut memiliki bentuk seperti cacing dengan ukuran besar. Mereka suka makan plankton yang mengapung di sekitar laut.

Semua jenis teripang tidak memiliki tulang punggung dan juga tidak memiliki otak, karena termasuk dalam famili echinodermata.

Karena itu, mereka juga tidak mampu merasakan sakit dan emosi lainnya.

5. Bulu Babi

Bulu babi adalah hewan yang memiliki bulu runcing di badan untuk membela diri. Beberapa dari mereka ada yang beracun dan ada yang tidak.

Hewan ini juga tidak memiliki tulang punggung, karena mereka termasuk hewan invertebrata. Bulu babi juga tidak punya otak, namun, mereka memiliki sistem saraf yang bertindak sebagai otak mereka.

Saraf bulu babi sangat kecil dan dianggap sebagai hewan yang terbuat dari batu. Mereka tidak merasakan sakit karena tidak memiliki otak.

Mereka bereaksi terhadap hal-hal yang berbeda seperti membela diri dari mangsa bukan karena mereka menghindari terluka, tapi naluri alami.

Nah, itulah 5 hewan yang tidak bisa merasakan sakit. Apakah detikers sudah pernah melihat salah satunya?



Simak Video "Kisah Ilmuwan yang Celaka Karena Temuannya Sendiri "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia