Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Safar 1444 H

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Safar 1444 H

Kristina - detikEdu
Selasa, 06 Sep 2022 06:00 WIB
Lantern that have moon symbol on top and small plate of dates fruit with dusk sky and city bokeh light background for the Muslim feast of the holy month of Ramadan Kareem.
Ilustrasi puasa Ayyamul Bidh bulan Safar 1444 H. Foto: Getty Images/iStockphoto/Baramyou0708
Jakarta -

Salah satu amalan sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Safar adalah puasa Ayyamul Bidh. Berikut jadwal, keutamaan, dan bacaan niatnya.

Puasa Ayyamul Bidh adalah ibadah sunnah yang dikerjakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan kamariah. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa mengerjakan puasa Ayyamul Bidh seperti halnya puasa sepanjang tahun.

Dari Abdullah ibn Amr ibn 'Ash RA, ia berkata bahwa Nabi SAW pernah bersabda kepadanya:

"Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. Karena sesungguhnya pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya, yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun." (HR Muttafaq 'Alaih)

Anjuran mengenai puasa Ayyamul Bidh juga disebutkan dalam riwayat lain. Saat itu Rasulullah SAW berwasiat kepada salah seorang sahabatnya, Abu Darda RA. Dia (Abu Darda RA) berkata:

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: "Rasulullah SAW berpesan kepadaku tiga hal yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati, yaitu berpuasa setiap tiga hari pada setiap bulannya, mengerjakan dua rakaat salat dhuha, serta salat witir sebelum tidur." (HR Bukhari dan Muslim).

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Safar 1444 H atau September 2022

Menurut perhitungan yang dilakukan Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, 1 Safar 1444 H jatuh pada 29 Agustus 2022. Sehingga jadwal puasa Ayyamul Bidh Safar atau September 2022 sebagai berikut:

  • 13 Shafar 1444 H : Sabtu, 10 September 2022
  • 14 Shafar 1444 H : Minggu, 11 September 2022
  • 15 Shafar 1444 H : Senin, 12 September 2022

Niat Puasa Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta'ala."

Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi mengatakan dalam Al-Fiqh 'Ala Al-Madzahib Al-Arba'ah, ulama mazhab Syafi'i berpandangan bahwa niat puasa sunnah (seperti puasa Ayyamul Bidh) bisa dilakukan kapan saja, bahkan ketika matahari sudah siang sekalipun dengan syarat sebelum masuk waktu zuhur dan belum melakukan sesuatu yang membatalkan puasa.



Simak Video "Elon Musk: Aku Puasa Secara Berkala dan Merasa Lebih Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia