Sejarah Sebagai Peristiwa: Pengertian, Syarat, dan Kategorinya

Sejarah Sebagai Peristiwa: Pengertian, Syarat, dan Kategorinya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Jumat, 26 Agu 2022 15:00 WIB
Bertambah lagi situs penting di dunia yang terancam punah. Terdapat 25 status dalam pantauan dan satunya ada di Indonesia.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Detikers, sejarah merupakan ilmu pengetahuan sosial yang berdiri pada pedoman dan kajian mengenai peristiwa di masa lampau. Sejarah sendiri dibagi menjadi beberapa hal, seperti sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai seni, dan sejarah sebagai cerita.

Dalam konteks ini, kira-kira apa pengertian sejarah sebagai peristiwa? Lalu apa syarat dari sejarah sebagai peristiwa? Kemudian, apa kategori dari sejarah sebagai peristiwa?

Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa

Mengutip dari buku Modul Pembelajaran SMA Sejarah Kelas X (2020) yang ditulis oleh Luluk Masruroh bahwa sejarah sebagai peristiwa adalah sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat pada lampau. Konotasi dari diksi "sesuatu" ini merujuk pada realita sosial yang terjadi di masyarakat.

Realita sosial yang terjadi di masyarakat sifatnya penting dan fundamental bagi konsep sejarah. Akan tetapi, tidak semua realita sosial yang terjadi di masa lampau disebut sebagai sejarah. Disebut sebagai sejarah jika realitas sosial berkaitan dengan peristiwa lain sebagai bagian dari proses dinamika historis.

Peristiwa yang dapat dikategorikan sebagai sejarah harus unik, terjadi sekali saja, dan memiliki dampak yang signifikan terhadap zaman tersebut serta zaman setelahnya. Saat ini, sejarah sebagai peristiwa tidak dapat diamati lagi, karena kita tidak dapat lagi menyaksikan peristiwa tersebut.

Syarat Sejarah Sebagai Peristiwa

Ada tiga syarat utama dari suatu peristiwa dapat disebut sebagai sejarah, yaitu:

· Objektif, yaitu peristiwa tersebut didukung oleh fakta sejarah dan menunjukkan ketepatan peristiwa tersebut secara objektif

· Unik, peristiwa yang terjadi harus berbeda dan unik dari peristiwa-peristiwa lain

· Penting, peristiwa memiliki arti dan maksud yang penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan di masyarakat

Kategori Sejarah Sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa mengandung satu substansi penting yang bernama fakta sejarah. Fakta sejarah adalah suatu realitas faktual yang merepresentasikan atas peristiwa yang terjadi. Ada dua kategori dari fakta sejarah dalam konteks sejarah sebagai peristiwa, yakni:

1. Fakta Keras (Hard Facts)

Fakta keras dalam taraf fakta sejarah berarti sebuah realitas faktual yang telah teruji kebenarannya. Fakta keras ini dapat diketahui melalui berbagai dokumen, buku, dan arsip yang memang merepresentasikan peristiwa sejarah tersebut.

2. Fakta Lunak (Cold Facts)

Fakta lunak berarti sebuah realitas sejarah yang masih belum diketahui dan dikenal serta harus diuji kebenarannya. Untuk melakukan pengujian terhadap keabsahan realitas sejarah tersebut, maka seorang sejarawan harus melakukan analisis ilmiah dengan mencari bukti-bukti terkait.

Nah, itu adalah pengertian dari sejarah sebagai peristiwa beserta syarat dan kategorinya. Selamat belajar detikers!



Simak Video "Deretan Tahun Paling Mengerikan dalam Sejarah Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia