Rukun Iman dan Rukun Islam yang Wajib Dipahami Muslim

Rukun Iman dan Rukun Islam yang Wajib Dipahami Muslim

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 25 Agu 2022 06:00 WIB
mother and kid reading quran together at home
Ilustrasi. Rukun iman dan rukun Islam adalah dua dasar dalam ilmu agama Islam. (Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto)
Jakarta -

Rukun iman dan rukun Islam adalah dua pondasi penting dalam ilmu agama Islam. Urgensi keduanya telah dijelaskan dalam ayat Al-Qur'an maupun keterangan hadits.

Rukun iman yang terdiri dari 6 hal termaktub dalam surah An Nisa ayat 136. Keenam rukun iman ini wajib diyakini dalam hati, diikrarkan dengan lisan, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari seperti dikutip dari buku Rukun Iman karya Hudarrohman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah, Rasul-Nya dan kepada kitab (Al Quran) yang Allah turunkan kepada RasulNya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya,"

6 Rukun Iman yang Wajib Diyakini

1. Iman Kepada Allah SWT

Rukun iman yang paling utama dan pertama adalah mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah itu ada (wujud). Artinya, setiap muslim wajib mempercayaiNya walaupun belum pernah melihat wujudNya, mendengar suaraNya, bahkan menyentuhNya.

2. Iman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat maknanya mengimani wujud dan penciptaanya, mengimani 10 malaikat dan tugasnya yang diketahui, sekaligus mengimani sifat-sifatnya. Utamanya, sifat malaikat sebagai makhluk Allah SWT yang senantiasa tunduk dan patuh padaNya seperti dijelaskan dalam surah Al Anbiya ayat 19,

3. Iman Kepada Kitab

Rukun iman yang ketiga adalah iman kepada kitab-kitabNya. Hal ini dimaknai dengan meyakini dan mempercayai keberadaan kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah SWT.

Meski Al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat muslim, Allah SWT memerintahkan umatnya untuk mengimani keberadaan kitab lain sebelumnya seperti, Taurat, Zabur, dan Injil. Allah SWT berfirman dalam surat Ali Imran ayat 3.

4. Iman Kepada Rasul

Rasul sebagai utusan Allah SWT di muka bumi ini bertujuan untuk memberikan peringatan dan kabar kepada manusia. Keberadaan para rasul Allah SWT dibuktikan dalam surah Ar Ra'd ayat 38 yang berbunyi,

5. Iman Kepada Hari Akhir

Iman kepada hari akhir atau hari kiamat artinya meyakini dan mempercayai bahwa hari itu pasti akan datang. Meski demikian, kedatangan hari akhir hanya diketahui oleh Allah SWT sebagaimana termaktub dalam surah Al A'raf ayat 187.

6. Iman Kepada Qada dan Qadar

Rukun iman terakhir adalah qada dan qadar. Qadha adalah ketetapan Allah SWT sejak sebelum penciptaan alam semesta (zaman azali). Sedangkan qadar adalah perwujudan ketetapan Allah SWT (qadha) yang sering disebut takdir.

Qadha adalah rencana dan qadar adalah perwujudan atau kenyataan, yang hubungan keduanya tak mungkin dipisahkan. Adanya qada dan qadar dijelaskan dalam Al Quran surah Al Ahzab ayat 38.

Sementara rukun Islam, ada 5 perkara yang perlu diamalkan sebagai tolak ukur keislaman seseorang. Kelima rukun yang dimaksud dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW,

بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ " رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ "

Artinya: "Islam dibangun di atas lima perkara, yaitu syahadat laa ilaaha illallah dan Muhammadan Rasulullah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadhan." (HR Bukhari dan Muslim)

5 Rukun Islam yang Perlu Diamalkan

1. Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Menurut buku Cendekia Kementerian Agama (Kemenag), bacaan syahadat merupakan kesaksian dan pengakuan yang diiringi dengan pemahaman agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ada dua jenis syahadar yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul. Keduanya berisikan kesaksian secara lisan dan meyakini dari hati bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah utusannya.

2. Mendirikan Sholat

Rukun Islam kedua adalah mendirikan sholat. Kewajiban sholat lima waktu dalam sehari tertuang dalam surah An Nisa ayat 103.

Sebab turunnya kewajiban sholat lima waktu bermula ketika nabi Muhammad SAW melakukan Isra Mi'raj, sebuah perjalanan suci sehari semalam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dilanjutkan menuju Sidratul Muntaha.

3. Berpuasa di Bulan Ramadhan

Setiap muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT. Rukun Islam yang kedua ini dijelaskan dalam surah Al Baqarah ayat 183.

4. Membayar Zakat

Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh muzakki (wajib zakat) untuk diberikan kepada mustahik (orang yang berhak menerimanya). Zakat hukumnya wajib bagi yang mampu melaksanakannya sebagaimana tertuang dalam surah Al Baqarah ayat 43.

5. Pergi Haji

Hukum menunaikan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu, seperti dijelaskan dalam surat Ali 'Imran ayat 97. Hadits lain yang juga mendukung pernyataan tersebut menyebutkan, kewajiban haji ini hanya berlaku sekali seumur hidup.

Mengimani rukun iman dan mengamalkan rukun Islam merupakan wujud ketaatan muslim pada Allah SWT dan rasulNya. Semoga kita semua menjadi bagian dari orang yang selalu menaati perintah Allah SWT tersebut ya, detikers.



Simak Video "Makna Ayat Suci Al-Qur'an yang Dilantunkan di Pembukaan Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia