Pengertian Ilmu Humaniora dan Ruang Lingkupnya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Selasa, 23 Agu 2022 16:00 WIB
People take part in a music concert in Barcelona, Spain, Saturday, March 27, 2021. Five thousand music lovers are set to attend a rock concert in Barcelona on Saturday after passing a same-day COVID-19 screening to test its effectiveness in preventing outbreaks of the virus at large cultural events. The show by Spanish rock group Love of Lesbian has the special permission of Spanish health authorities. While the rest of the country is limited to gatherings of no more than four people in closed spaces, the concertgoers will be able to mix freely while wearing face masks. (AP Photo/Emilio Morenatti)
Foto: AP/Emilio Morenatti
Jakarta -

Ilmu humaniora adalah ilmu yang mengkaji tentang hakikat manusia dengan segala persoalan manusiawi. Tujuannya adalah agar kualitas kehidupan menjadi lebih baik.

Melansir buku Pancasila dalam Pendidikan Humaniora karya Fransiskus Borgias dkk, humaniora adalah bidang keilmuan yang bertujuan memanusiakan manusia atau menjadikan manusia menjadi lebih manusiawi. Tentunya, fokus utama pada bidang keilmuan ini adalah manusia itu sendiri.

Ilmu humaniora juga mempelajari tentang bagaimana memahami diri serta mewujudkan martabat dan idealisme tinggi.

Berdasarkan fokus atau objeknya, maka dapat diketahui bahwa ilmu humaniora memiliki konsep dan kajian yang sangat berbeda dengan ilmu sains. Konsep ilmu humaniora cenderung bersifat hasil abstraksi dari suatu objek kajian, sebagaimana dikutip dari buku Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan oleh Prof. Dr. A. Mukhadis.

Adapun manfaat dari mempelajari bidang keilmuan humaniora adalah memberikan pengertian dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai hal-hal yang manusiawi.

Ruang Lingkup Ilmu Humaniora

Dalam Buku Meretas Batas Ilmu karya Yunita T. Winarto dkk disebutkan bidang keilmuan humaniora tidak terikat dengan apapun, karena fokusnya hanya pada manusia dan segala aspek sosial budaya di sekitarnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata humaniora sendiri berarti ilmu pengetahuan yang meliputi filsafat, hukum, sejarah, bahasa, seni, dan sebagainya.

Sejalan dengan penjelasan di atas, berikut beberapa ilmu yang termasuk dalam ruang lingkup ilmu humaniora adalah:
Teologi
Filsafat
Hukum
Sejarah
Filologi
Bahasa
Kesusastraan
Kesenian

Dapat diketahui bahwa ilmu-ilmu di atas mempelajari aspek sosial budaya yang berkaitan dengan manusia, seperti disebutkan dalam buku berjudul Metodologi Studi Islam oleh Fadlan Kamali Batubara.

Ilmu-ilmu dalam ruang lingkup ilmu humaniora berupaya untuk menafsirkan makna kehidupan manusia serta meningkatkan martabat eksistensi dan kehidupan manusia.



Simak Video "Mendengarkan Suara Terumbu Karang"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia