Mengapa Setiap Negara Harus Memiliki Dasar Negara? Ini Jawabannya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Jumat, 19 Agu 2022 14:00 WIB
Lambang Garuda Pancasila (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Foto: Lambang Garuda Pancasila (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Jakarta -

Dasar negara menjadi suatu hal yang penting pada masing-masing negara. Biasanya, dasar negara dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di Indonesia sendiri, Pancasila disebut sebagai dasar negara. Sebuah negara yang merdeka dan berdaulat harus ditopang oleh dasar negara dan konstitusi yang sesuai dengan kondisi masyarakatnya.

Sebelum mengetahui alasan mengapa setiap negara harus memiliki dasar negara, ada baiknya kita membahas tentang pengertian dasar negara terlebih dahulu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Dasar Negara

Mengutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan yang disusun oleh Retno Listyarti dan Setiadi, dasar negara merupakan filsafat negara yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber dari tata tertib hukum dalam negara.

Sedangkan filsafat negara disebut sebagai political philosophy, artinya filsafat sebagai pandangan hidup dari suatu bangsa dan negara. Di Indonesia sendiri, filsafat negara adalah Pancasila.

Mengapa Setiap Negara Harus Memiliki Dasar Negara?

Tiap-tiap negara wajib memiliki dasar negara sebagai pedomannya. Dasar negara merupakan pedoman dan komponen penting agar negara terbebas atau merdeka dari penjajahan.

Dikutip dari laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), setidaknya ada beberapa dampak buruk jika suatu negara tidak memiliki dasar negara, berikut penjelasannya.

1. Negara Tidak Memiliki Pandangan Hidup

Nah, saat sebuah negara tidak memiliki dasar negara, maka negara tersebut bisa hancur. Hal itu dikarenakan tidak adanya tujuan, visi misi, dan cita-cita yang ingin diwujudkan bersama. Padahal, dalam membangun suatu negara, pandangan hidup dinilai sangat penting sebagai keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

2. Negara Tidak Memiliki Pedoman dalam Mengatur Kehidupan Bernegara

Sebagai pedoman, dasar negara menjadi pegangan tiap-tiap bangsa dalam menjalani kehidupan. Jika suatu negara tidak memiliki dasar negara, akibatnya sistem pemerintahan mereka akan berantakan dan berujung pada kehancuran suatu negara.

3. Rentan Terhadap Konflik

Saat suatu negara tidak memiliki dasar negara, maka negaranya dinilai rentan terlibat konflik. Tidak adanya nilai kehidupan yang dijadikan pegangan, menyebabkan masyarakat kehilangan arah dalam menjalani kehidupan.

4. Sulit untuk Maju dan Berkembang

Negara yang tidak memiliki dasar negara akan sulit untuk maju dan berkembang. Tidak adanya cita-cita, visi misi, serta tujuan hidup berbangsa dan bernegara akan mengakibatkan masyarakat dan pemerintah tidak memiliki rasa percaya satu sama lain.



Simak Video "Hari Lahir Pancasila, Apa Mereka Hafal Pancasila?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia