Arti Pancasila sebagai Ciri Khas Bangsa Indonesia, Simak Ya!

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 18 Agu 2022 14:45 WIB
Pencipta lagu Garuda Pancasila ialah Sudharnoto. Garuda Pancasila adalah salah satu lagu wajib nasional negara Indonesia.
Ilustrasi Pancasila sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia
Jakarta -

Pancasila sebagai dasar negara memiliki sejumlah manfaat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai ciri khas bangsa Indonesia.

Mengutip buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Sri Nurhayati dan Iwan Muharji, manfaat ini begitu penting, sebab Pancasila sebagai ciri khas bangsa Indonesia mempunyai arti bahwa dasar negara tersebut merupakan jiwa kepribadian bangsa. Maka dari itu, menjadi ciri khas dalam sikap ataupun tingkah laku yang membedakannya dari bangsa lain.

Lebih lanjut, menurut buku Aksiologi sebagai Dasar Pembinaan Kepribadian Bangsa dan Negara Indonesia karya Jirzanah, sifat-sifat tetap yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia adalah nilai-nilai dan moralitas yang sumbernya dari kepribadian bangsa ini sendiri. Nilai dan moralitas itu sudah ada sejak lama sebelum proklamasi kemerdekaan dan bertindak sebagai latar belakang asas moral adat, kebudayaan, serta keyakinan keagamaan dalam masyarakat.

Selain sebagai ciri khas bangsa Indonesia, Pancasila juga memiliki sederet manfaat lainnya. Kembali merujuk pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VIII, simak penjabarannya!

Manfaat Pancasila Sebagai Dasar Negara

  • Dasar kegiatan dalam menyelenggarakan negara. Artinya, para penyelenggara negara wajib berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan negara.
  • Dasar sumber hukum negara, oleh sebab itu Pancasila adalah norma untuk NKRI.
  • Dasar hubungan antarwarga negara. Maksudnya, seluruh aktivitas masyarakat Indonesia wajib berdasarkan Pancasila.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka dasar negara memiliki peran yang amat penting bagi bangsa Indonesia. Apabila suatu negara tidak mempunyai dasar negara, maka negara itu tidak bisa berdiri kokoh serta tidak mengetahui arah tujuan dan cita-citanya dengan jelas. Suatu negara yang tidak memiliki dasar negara dapat terombang-ambing menghadapi masalah yang sumbernya dari dalam ataupun luar negeri.

Itulah pengertian Pancasila sebagai ciri khas bangsa Indonesia dan berbagai manfaatnya yang lain.



Simak Video "Hari Lahir Pancasila, Apa Mereka Hafal Pancasila?"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia